Minggu, 16 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

Double Putra Billiard Sidoarjo Latihan Perkuat Mental

11 Juni 2019, 16: 30: 34 WIB | editor : Wijayanto

Double Putra Billiard Sidoarjo Latihan Perkuat Mental

SIDOARJO - Pasangan double putra billiard unggulan Sidoarjo Robby Firdinansyah dan Teddy Indra Pranata sudah siap untuk berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Gresik 2019. Mereka mengatakan, bahwa persiapan sudah mencapai 90 persen. Sedangkan 10 persen sisanya untuk memperkuat mental.

Mental sangat berpengaruh bagi performa mereka ketika bertanding. Meskipun secara teknik bagus, namun jika atlet tidak mampu mengontrol emosi, akan berpengaruh pada pasangan mainnya. Apalagi seperti mereka yang bermain double, kestabilan emosi sangat diutamakan. “Kita kan mainnya dua orang, jadi harus kontrol emosi satu sama lain,” ujar Robby.

Kejadian seperti itu, harus dihindari. Sebab, dalam permainan billiard double, jika atlet melakukan kesalahan, maka atlet lain tidak boleh menyalahkan. “Kesalahan yang dibuat itu kesalahan bersama,” imbuh mahasiswa semester empat jurusan manajemen itu.

Penyebab ketidakstabilan mental tersebut antara lain, bertemu dengan lawan yang dianggap lebih tangguh dan rasa kurang nyaman dengan situasi pertandingan.

Maka dari itu, untuk memperkuat mental tersebut, pelatih billiard Wahyudi menempa keduanya dengan banyak berlatih rutin setiap hari. Selain itu juga dengan melakukan uji coba pertandingan dengan para master. “Agar mereka terbiasa menghadapi lawan dari kelas yang lebih tinggi,” ujarnya.

Latihan setiap hari juga turut membantu membangun chemistry di antara keduanya. Dengan bermain double, pola komunikasi yang baik akan menambah kesuksesan mereka dalam meraih medali. Apalagi, dengan target bisa mencuri medali emas, Teddy dan Robby menjadi andalan billiard Sidoarjo. (rpp/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia