Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Risma Minta Inspektorat dan BKD Segera Data ASN Bolos di Hari Kerja

11 Juni 2019, 15: 07: 13 WIB | editor : Wijayanto

BERMAAFAN: Ribuan ASN antre untuk bersalaman dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wawali Whisnu Sakti Buana.

BERMAAFAN: Ribuan ASN antre untuk bersalaman dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wawali Whisnu Sakti Buana. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengawali hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran dengan menggelar halalbihalal bersama ribuan aparatur sipil negara (ASN) di Taman Surya, Senin (10/6) pagi.

Wali Kota Risma mengaku belum mengetahui jumlah ASN yang tidak masuk kerja kemarin. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan memberi sanksi administratif untuk pegawai yang absen tanpa izin. Pemkot juga menginstruksikan Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mendata ASN yang bolos.

“Kami belum bisa menyebutkan ASN yang belum masuk. Sebab, ada pemeriksaan dari inspektorat dan baru diketahui sorenya,” ujar Risma usai apel dan halalbihalal bersama ribuan pegawai pemkot.

Risma memastikan Inspektorat dan BKD sudah turun ke semua organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan, kelurahan, hingga puskesmas untuk mengecek kehadiran ASN. Menurut dia, akan ada sanksi jika tidak ada alasan yang jelas.

Risma mengaku bisa memaklumi ASN atau pegawai yang tidak masuk karena alasan yang jelas seperti sakit. “Tapi, kami juga akan memastikan dan mengevaluasi alasan yang diberikan. Karena tidak bisa langsung memberi sanksi kepada pegawai yang tidak masuk, kalau alasannya jelas,” katanya.

Selain itu, Risma meminta para ASN memaafkan kesalahannya yang selama ini sering marah-marah. Dengan halalbihalal, semua bisa saling memaafkan. “Acara halalbihalal ini merupakan agenda rutin tahunan. Mungkin tidak semua ASN ikut, tapi yang penting saya dan Pak Whisnu serta jajaran OPD sudah menyiapkan. Tujuannya memang untuk saling memaafkan,” jelasnya.

Halalbihalal kemarin dimulai dari kepala OPD, lalu dilanjutkan dengan pegawai-pegawai khusus pelayanan masyarakat. Mereka sengaja didahulukan karena akan langsung melayani masyarakat. Setelah bersalaman dengan Wali Kota Risma dan Wakil Wali Kota Whisnu serta pimpinan OPD, para pegawai ini langsung menikmati sarapan yang telah disediakan. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia