Selasa, 18 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

485 Alet Jalani Verifikasi di KONI Jatim

10 Juni 2019, 16: 58: 04 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (NET)

Share this      

SIDOARJO - Sidoarjo akan mengirimkan 485 atlet dari 36 cabang olahraga (cabor) untuk mengikuti varifikasi jelang pelaksanaan  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur, Juli 2019. Ratusan atlet tersebut, akan mulai di verifikasi  KONI Jatim, mulai hari ini (Senin, 10/6) bersama para atlet dari 28 kota dan kabupaten se-Jawa Timur.

Sebelumnya, KONI Sidoarjo mencatat ada 521 atlet yang akan diterjunkan, tetapi terpaksa  dilakukan pengurangan sebanyak 36 atlet  karena ada beberapa cabang olahraga (cabor), sebelum melaju ke Porprov, harus melalui seleksi awal di pra Porprov.  Seperti bola basket putri dan silat. “Mereka tidak lolos pra porprov. Sehingga gugur. Dari basket putri saja berkurang 18 atlet,” ujar Ketua II KONI Sidoarjo, Imam Jawahir.

Dokumen yang berisikan nama, identitas atlet dari berbagai cabor tersebut, akan di  verifikasi  hingga Sabtu (15/6). Verifikasi atlet ini berdasarkan identitas asli sang atlet. Seperti usia atlet yang tidak boleh melebihi 21 tahun. Atlet juga harus berasal dari daerah yang ia bela. “Jadi atlet yang mewakili Sidoarjo, harus ber Kartu Keluarga (KK) Sidoarjo. Tidak boleh menggunakan Surat Keterangan Domisili (SKD),” ujarnya lagi.

Batas usia ini hanya berlaku bagi cabor pertarungan seperti tinju dan tarung derajat. Tidak berlaku untuk cabor lain seperti senam, catur, panahan, dan wushu. “Cabor tersebut kan tidak membahayakan bagi anak-anak, jadi tidak ada batas minimal usia,” tuturnya.

Imam mengatakan, tidak ada yang perlu di khawatirkan dari verifikasi tersebut. Sebab, KONI Sidoarjo telah menaati semua peraturan, sesuai dengan yang dibuat KONI Jatim.

Sementara itu, Imam berujar persiapan dari 36 cabor tersebut sudah mencapai 95 persen. Memasuki awal bulan Juni, KONI meminta semua cabor untuk memantabkan latihan. Sebab, KONI Sidoarjo memasang target yang tinggi di Porprov Jatim 2019 ini. Yaitu menempati posisi runner up. “Minggu depan ada briefing lagi untuk atlet, sebagai pemantapan,” tutup Imam. (rpp/nug)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia