Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

ASN Bolos Tambah Cuti Siap Disanksi

10 Juni 2019, 16: 51: 14 WIB | editor : Wijayanto

Sekdakab Sidoarjo Achmad Zaini.

Sekdakab Sidoarjo Achmad Zaini. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Hari ini Senin (10/6), Aparatur Sipil Negera (ASN) wajib masuk kantor. Hal itu sesuai dengan jadwal libur lebaran yang telah ditentukan oleh pemerintah yang dimulai sejak 1 hingga 9 Juni. Pemkab akan memberikan sanksi kepada ASN yang diketahui melanggar aturan tersebut.

Sehingga, bagi ASN yang diketahui absen tanpa alasan yang jelas alias tanpa izin, pemkab tidak segan akan memberikan hukuman. Hukuman tersebut telah disiapkan oleh pemkab khusus pegawai yang membolos. "Tanggal 10 Juni harus masuk," kata Skretaris Daerah Sidoarjo, Achmad Zaini.

Zaini menuturkan, bahwa aturan tersebut harus dipatuhi oleh suluruh ASN tanpa pengecualian. Baik dari Kepala Dinas hingga staf. Hal itu lantaran mereka menerima jatah libur yang sama. Batas libur yang diberikan pemerintah kepada ASN sebenarnya sudah cukup.

Menurutnya, pemerintah telah mempertimbangkan libur lebaran bagi ASN termasuk bagi ASN yang kampung halamannya jauh. Sehingga, tidak ada alasan bagi ASN untuk bolos. Zaini berharap, seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sidoarjo dapat masuk kerja seluruhnya.

Zaini mengaku, pihaknya telah menyiapkan tim yang akan melakukan pemantauan kehadiran ASN di masing-masing OPD. "BKD akan mendata kehadiran pegawai," terangnya.

Rencananya, pemkab juga akan menggelar sidak. Bupati akan memantau langsung kehadiran ASN. Zaini mengatakan, PNS yang terbukti absen tanpa keterangan yang jelas akan dicatat. Nantinya akan dimintai keterangan oleh BKD kepada yang bersangkutan setelah masuk kerja. ASN tidak dapat berkelit saat dimintai keterangan.

Zaini mencontohkan, alasan yang sering digunakan adalah tidak mendapat tiket kendaraan untuk balik. Menurutnya, tiket seharusnya sudah bisa disiapkan jauh-jauh hari. ASN bisa menyiapkan tiket pulang pergi. "Kan tiket bisa dipesan terlebih dulu. Kalau tidak pesan berarti sengaja bolos," tegasnya

Namun begitu, pemkab akan meminta bukti tertulis jika nantinya terdapat ASN yang mendadak sakit. Pengajuan izin sakit tersebut harus disertai surat dari dokter. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap seluruh PNS mulai bekerja hari ini. Sebab kehadiran ASN yang bekerja sangat dirasakan oleh warga. "Karena ASN pelayanan warga. Kalau tidak optimal warga yang dirugikan," katanya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia