Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya
Didominasi Produk Fashion

Selama Ramadan dan Lebaran, Transaksi E-Commerce Naik 300 Persen

10 Juni 2019, 13: 27: 25 WIB | editor : Wijayanto

MENINGKAT: Market place atau e-commerce kini jadi pilihan masyarakat untuk berbelanja beragam kebutuhan, tak terkecuali kebutuhan sehari-hari dan Leba

MENINGKAT: Market place atau e-commerce kini jadi pilihan masyarakat untuk berbelanja beragam kebutuhan, tak terkecuali kebutuhan sehari-hari dan Lebaran. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Perusahaan e-commerce Shopee mencatatkan peningkatan transaksi sekitar 300 persen pada Ramadan tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu. Selain peningkatan pada transaksi, beberapa fakta menarik tentang perilaku belanja pengguna juga terungkap di tahun ini.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menyampaikan, momen penerimaan tunjangan hari raya (THR) juga menjadi faktor utama peningkatan transaksi. Sehingga mencatatkan rekor terbaru penjualan Shopee yang meningkat hingga 300 persen dibanding tahun lalu. "Hasil yang luar biasa ini juga tidak luput dari dukungan mitra brand dan para penjual yang telah berpartisipasi," ungkapnya.

Handhika menuturkan, adapun kategori barang terfavorit yang mencatatkan adanya pesanan tertinggi adalah komoditi kecantikan, busana muslim, peralatan rumah, handphone dan aksesoris, serta otomotif. Menariknya, lanjutnya, otomotif merupakan kategori yang terlihat peningkatannya karena semakin banyak orang beralih ke Shopee untuk mencari aksesori mobil. "Tak hanya itu, pengguna Shopee dari Kota Bogor, kota terbesar ketiga di Indonesia, membeli produk terbanyak selama periode puncak Ramadan dibandingkan dengan kota-kota lain," imbuhnya.

Sementara itu, penjualan busana muslim memang menggeliat selama Lebaran. Pasalnya, di hari raya Islam selalu identik dengan pakaian tertutup. Selain itu, mode busana muslim sekarang juga sudah modern sehingga banyak konsumen yang mulai menjadikan pakaian tersebut sebagai lifestyle.

“Oleh karenanya barang-barang fashion selalu mendominasi saat momen seperti ini. Apalagi gaya hidup masyarakat yang sudah familiar dan merasa dimudahkan dengan belanja di e-commerce membuat peningkatan transaksi tahun ini cukup signifikan,” pungkasnya. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia