Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Diduga Korsleting, Rumah Dua Lantai di Bronggalan Terbakar

10 Juni 2019, 13: 01: 23 WIB | editor : Wijayanto

PEMBASAHAN: Petugas PMK memastikan tidak ada titik api di rumah milik Yulianti yang sempat mengalami kebakaran di lantai dua.

PEMBASAHAN: Petugas PMK memastikan tidak ada titik api di rumah milik Yulianti yang sempat mengalami kebakaran di lantai dua. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – Rumah lantai dua di Bronggalan Sawah IV F, Kecamatan Tambaksari terbakar, Sabtu (8/6) malam. Rumah milik Yulianti tersebut terbakar di bagian lantai dua membuat warga panik.

Warga yang mengetahui langsung membantu melakukan pemadaman api dan berusaha melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Usaha warga membuahkan hasil lantaran api berhasil dipadamkan, dan saat petugas Pemadam Kebakaran (PMK) datang ke lokasi akhirnya melakukan pembahasan untuk memastikan api tak lagi menyala.

Dari data yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.35. Saat itu, pemilik rumah berada di lantai bawah rumahnya. Salah satu tetangga korban melihat ada api yang menyala di bagian atap dan turun membakar isi ruangan di lantai dua rumah tersebut.

Pemilik dan warga setempat akhirnya memadamkan api agar tidak sampai menjalar ke bagian bawah rumah korban. “Api berhasil dipadamkan dengan alat seadanya malam itu,” kata Kanitreskrim Polsek Tambaksari Iptu Didik Ariawan, Minggu (9/6).

Didik mengatakan, dari keterangan warga diketahui api muncul dari kabel tiang listrik yang berada di atas rumah korban. Percikan api ini tiba-tiba turun dan membakar bagian atap rumah. Kemudian api menjalar ke bagian dalam.

Dugaan sementara dari kesimpulan di lokasi api berasal dari korsleting kabel listrik tersebut. “Benda yang terbakar hanya plastik dan kardus. Memang ada regulator oksigen tapi tidak habis terbakar,” tambahnya.

Beberapa warga sempat menghubungi command center dan lima unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya datang ke lokasi. Saat datang api pokok sudah padam sehingga pembasahan langsung dilakukan.

Pembasahan dilakukan di lantai dua rumah korban dan pihak PMK bekerja sama dengan PLN untuk memeriksa sambungan instalasi. “Kami lakukan pembasahan saja di lokasi kejadian. Beruntung api tidak sampai membakar keseluruhan ruangan karena warga tanggap,” terang Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya Bambang Vistadi.(gun/rud)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia