Jumat, 15 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Jasa Penitipan Hewan, Diserbu Pelanggan Jelang Lebaran

01 Juni 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

PERIKSA KESEHATAN: Dokter hewan Rahmad Hidayat melakukan pemeriksaan terhadap salah satu kucing yang dititipkan pemiliknya selama libur Lebaran di rum

PERIKSA KESEHATAN: Dokter hewan Rahmad Hidayat melakukan pemeriksaan terhadap salah satu kucing yang dititipkan pemiliknya selama libur Lebaran di rumah penitipan hewan miliknya, Jumat (31/5). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

Petemon - Jelang libur Lebaran, penitipan hewan laris manis. Salah satunya di Klinik Hewan Jilow di kawasan Petemon. Klinik hewan milik dokter Rahmad Hidayat ini selalu dijadikan jujukan untuk penitipan hewan. 

Rahmad menjelaskan, biasanya klinik hewannya ini akan ramai di H-4 menjelang lebaran. "Mulai tanggal 31 sudah ramai orang menitipkan peliharaannya dan biasanya bisa sampai 10 Juni," ujarnya kepada Radar Surabaya, Jumat (31/5).

Jika dalam hari normal, ada empat hingga lima hewan yang dititipkan tiap bulannya, berbeda dengan masa libur Lebaran. Kapasitas kandang sebanyak 70 kandang pun bisa penuh. Dan didominasi oleh kucing, anjing, maupun reptil meski tak banyak. 

Di klinik hewan ini, kondisi kesehatan hewan yang akan dititipkan sangat diperhatikan. Dengan melakukan check-up. Jika ditemukan kutu ataupun jamur di tubuhnya, maka hewan-hewan ini akan diletakkan dalam kandang yang berbeda dengan kandang dari hewan sehat. Misalnya kucing, sebelumnya harus yang sudah diberikan vaksin. 

Selama dititipkan pun, pihak klinik akan membersihkan kandang rutin setiap hari. Karena menurut Rahmad, penyebab utama kehadiran penyakit, utamanya kulit pada hewan disebabkan oleh kandang yang tidak sehat. "Pembersihan kandang rutin kami lakukan setiap pagi dan sore," imbuhnya. 

Jika suatu ketika hewan mengalami sakit atau stres, hewan ini akan mendapatkan perawatan. Asalkan setelah melalui persetujuan pemiliknya. Pun jika ada hewan yang nafsu makannya menurun, akan diberikan vitamin penunjang. 

Meletakkan hewan peliharaan kepada jasa penitipan hewan tentu saja lebih aman ketimbang meninggalkan hewan di rumah. (is/nur)

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia