Minggu, 16 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Features

Wujud Kontribusi untuk Bangsa, ACT Bagikan 250 Paket Pangan untuk TNI

31 Mei 2019, 14: 38: 28 WIB | editor : Wijayanto

Wujud Kontribusi untuk Bangsa, ACT Bagikan 250 Paket Pangan untuk TNI

(ISTIMEWA/ACT)

Share this      

JAKARTA - Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meluaskan kebaikan kepada sesama di bulan baik ini. Tak hanya warga prasejahtera di seantero Indonesia, anak-anak yatim dan para lansia yang tinggal di panti sosial, para pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) penjaga negeri juga ikut disapa.

Jumat (24/5) lalu, ACT menyambangi dan menyampaikan sumbangan ke Markas Besar TNI di Jakarta Timur. Dalam silaturahmi itu, ACT membawa ratusan paket pangan untuk para prajurit TNI.

Bantuan pangan untuk Asisten Teritorial (Aster) TNI tersebut diserahkan langsung oleh Vice President ACT Ibnu Khajar, dan diterima oleh Perwira Pembantu Utama (Paban) VI Aster TNI Kolonel Purwanto.

“Mabes TNI mengucapkan terima kasih kepada teman-teman ACT yang sudah membantu paket pangan Ramadan kepada staf teritorial Mabes TNI,” ujar Kolonel Purwanto usai menerima bantuan tersebut.

(ISTIMEWA/ACT)

Ibnu mengatakan, bantuan pangan ini untuk mendukung TNI dalam melaksanakan tugasnya menjaga tanah air. Terutama di wilayah perbatasan yang jauh dari pusat kota. “Ini secara tidak langsung merupakan salah satu cara ACT dalam berkontribusi untuk negara,” katanya.

Menurut Ibnu, pihaknya sudah mengantarkan 250 paket pangan ke seantero negeri. Hal ini merupakan sumbangsih dari ACT sebagai lembaga bantuan sosial nirlaba yang peduli pada nasib bangsa dan negara.

“Semoga untuk berikutnya, program semacam ini bisa semakin banyak. Semoga ini juga menjadi salah satu cara ACT bersama dengan staf teritorial di Mabes TNI untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara lebih baik lagi,” ucap Ibnu.

Kerja sama antara ACT dan TNI sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sebab sebelumnya sudah terjalin dengan baik selama ini untuk membantu negeri. Seperti pada gempa Lombok pada 2018 lalu, ACT mengirimkan 1.000 ton bantuan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia di Banjarmasin.

(ISTIMEWA/ACT)

Kerja sama juga sempat berlanjut sampai ke Sulawesi Tengah saat gempa serta tsunami menghantam pesisir Palu, Sigi, dan Donggala. Kapal TNI juga disertakan untuk berlayar ke daerah terdampak bencana guna menyampaikan bantuan.

Selain itu, ACT pernah mengadakan program khusus masyarakat penjaga negeri, termasuk TNI yang bertugas di wilayah perbatasan. Program tersebut bernama Paket Pangan Ramadhan Penjaga Negeri, yang kembali diimplementasikan pada Ramadan tahun ini.

“Program ini menyasar seluruh elemen yang sedang berjaga di perbatasan negeri menjelang Idulfitri. Salah satu elemen yang disasar adalah para prajurit TNI yang sedang bertugas menjaga keamanan negeri menjelang Lebaran,” terang Ibnu Khajar. (act/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia