Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo
Bea Cukai Juanda Panen Tangkapan Narkoba

Gagalkan 5 Kali Penyelundupan Sabu, Amankan 3 Tersangka dan 4,5 Kg SS

31 Mei 2019, 14: 31: 37 WIB | editor : Wijayanto

PELAKU: Tiga tersangka yang diamankan bersama barang bukti sabu.

PELAKU: Tiga tersangka yang diamankan bersama barang bukti sabu. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Juanda dan petugas gabungan berhasil menggagalkan lima upaya penyelundupan sabu-sabu (SS). Tiga tersangka dengan barang bukti sabu  seberat total 4,5 kilogram berhasil diamankan petugas.

Kepala KPPBC TMP Juanda, Budi Harjanto mengungkapkan, penggagalan upaya penyelundupan narkoba pertama dilakukan pada Jumat (26/4). Petugas mengamankan tiga poket sabu seberat 2.070 gram dari paket pos yang disembunyikan di dalam speaker.

"Dari pemeriksaan X-ray isinya mencurigakan, jadi kita geledah dan menemukan sabu," sebut Budi.

Setelah itu, petugas langsung berkoordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Jatim dan berhasil mengamankan Ilmih Fauzi, 27, warga Bangkalan yang merupakan penerima paket tersebut.

Di hadapan penyidik, Ilmih mengaku jika akan datang lagi dua paket setelah pengiriman itu. Petugas pun terus melakukan pengawasan ketat sejumlah barang yang masuk untuk menyikapi informasi itu. Ilmih juga mengaku jika pemesan barang itu bernama Ainul Yaqin.

Penggagalan kedua dilakukan petugas pada hari Selasa (30/4). Petugas menemukan 4 bungkus sabu dengan berat 540 gram. Barang haram itu diseludupkan di dalam televisi.

Kemudian pada hari Rabu (8/5), petugas kembali berhasil menggagalkan penyelundupan sabu melalui paket pos yang diseludupkan ke dalam X-Box Game.

Di dalam box itu ditemukan sabu seberat 520 gram. "Paket ini sama, semua ditujukan kepada Ainul Yaqin," imbuh Budi.

Petugas pun langsung berkoordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Jatim dan berhasil mengamankan tersangka Ainul Yaqin, 31, warga Bangkalan, Madura. "Tersangka Ainul Yaqin inilah yang juga pemesan dua paket sebelumnya," sebut Budi.

Lalu hari Rabu (15/5) di terminal kedatangan Bandara Internasional Juanda, petugas juga berhasil mengamankan satu paket mencurigakan yang dibungkus kardus dari bagasi pesawat penerbangan asal Malaysia. Petugas menemukan sabu seberat 770 gram.

Dari penyelidikan data yang didapat, barang itu milik penumpang bernama Hasan asal Malaysia. "Mungkin tersangka sudah merasa diintai petugas, jadi bagasinya tidak diambil," sebut Budi.

Hari Selasa (27/5), petugas kembali menggagalkan upaya penyelundupan sabu di terminal kedatangan Bandara Internasional Juanda. Petugas mengamankan Suparto, 38, warga asal Pamekasan yang kedapatan membawa 670 gram sabu di ranselnya. Barang haram itu dibalut dalam bungkus minuman Milo untuk mengelabuhi petugas. (son/jay)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia