Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Puasa Melatih Diri Menjadi Lebih Sabar

29 Mei 2019, 14: 44: 54 WIB | editor : Wijayanto

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak (DOK/JPNN)

Share this      

BULAN Ramadan merupakan bulan di mana segala amal ibadah akan dilipatgandakan. Oleh karena itu, setiap muslim sudah seharusnya menyambut bulan suci Ramadan ini dengan kegembiraan dan keceriaan untuk dapat lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Yang sangat spesial di bulan Ramadan ini adalah kita benar-benar bukan hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, tetapi bagaimana kita menjadi manusia yang kadar kemuliaannya ini berkali-kali lipat dibandingkan bulan-bulan yang lain.

Maka, harus ada peningkatan dalam diri yang terjadi selama bulan Ramadan dan terus berlangsung dalam jangka panjang. Jadi, bukan hanya pada bulan puasa saja. Mudah-mudahan kita lebih bisa sabar, sehingga kita bisa melihat segala sesuatu dengan lebih baik.

Bulan Ramadan, selain diisi dengan ibadah vertikal, juga perlu diperkaya dengan mewujudkan kesalehan Sosial. Jadi, kita menjadi masyarakat yang secara kolektif saleh.

Artinya, sebenarnya kesalehan sosial masyarakat ini kita pupuk di bulan Ramadan ini. Kita tidak lagi mendikotomi antara dunia dan akhirat. Sesungguhnya itu suatu kesatuan. Kita menjadi manusia yang baik di dunia dengan tujuan mendapatkan berkah di akhirat. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia