Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya
Polda Tahan 5 Orang Tersangka

Inilah Habib Aktor Intelektual Pembakaran Polsek Tambelangan

28 Mei 2019, 06: 38: 11 WIB | editor : Wijayanto

IMBAS RUSUH 22 MEI: Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan (tengah) menunjukkan barang bukti dan para tersangka (belakang) di Mapolda Jatim.

IMBAS RUSUH 22 MEI: Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan (tengah) menunjukkan barang bukti dan para tersangka (belakang) di Mapolda Jatim. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) resmi menahan lima dari enam orang tersangka kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan, Polres Sampang, Madura.Kelima tersangka adalah Abdul Kadir Al Hadad, Hadi, Supandi, Hasan dan Ali. "Lima orang ini sudah kami terbitkan surat penahanan, dan satu orang masih didalami," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Senin (27/5). 

Luki menjelaskan, dalam kasus ini sudah ada 17 orang saksi yang diperiksa. Para tersangka sementara akan dijerat dengan pasal 200 KUHP jo 187 KUHP jo pasal 170 KUHP.  "Juga mungkin akan dikembangkan lagi (pasal penjarahan, Red.), karena ada HT (handie talky) dan laptop anggota yang tidak ada," terangnya. 

Jenderal bintang dua itu menyebutkan, dari lima orang tersebut, Abdul Kadir merupakan aktor intelektual di balik pembakaran Mapolsek Tambelangan. Tak hanya itu, Abdul Kadir yang juga seorang habib itu telah menyiapkan dan membuat bom molotov serta mengerahkan 70 orang massa yang diangkut dua mobil pikap. "(Untuk) aktor intelektualnya pasti lebih berat (ancaman hukumannya)," tegasnya. 

Mantan Wakaba Intelkam Mabes Polri itu juga mengungkapkan, pihaknya sudah mengantongi lima nama habib yang akan segera ditangkap. Diduga mereka terlibat dalam kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan.
Dari pengungkapan tersebut polisi menyita barang bukti 38 bom molotov, batu bata, celurit, handie talky dan baju yang dikenakan tersangka saat beraksi. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia