Rabu, 24 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Pin PPDB Sudah Dapat Diambil di SMA Negeri

28 Mei 2019, 00: 14: 39 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi PPDB

Ilustrasi PPDB (DOK/JPC)

Share this      

SURABAYA – Dinas Pendidikan Jawa Timur membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA tahun ajaran 2019/2020 mulai Senin (27/5). Untuk tahapan pertama peserta didik mengambil Pin di sekolah SMA Negeri.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur Hudiyono mengatakan pengambilan Pin sudah dapat dilakukan setelah sehari sebelum nilai ujian nasional keluar. Menurutnya jika sudah mengetahui nilainya peserta didik dapat menyesuaikan dengan sistem yang ada di PPDB di Jatim.  

“Pin dapat diambil di SMA negeri yang dituju itu. Kemudian Pin ini akan digunakan dalam proses pendaftaran yang nantinya tercatat di sistem PPDB SMA,” ujarnya usai Apel di Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan, Senin (27/5).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Sosial ini menambahkan Dinas Pendidikan Jatim memberikan jadwal pengambilan Pin PPDB 2019 sejak 27 Mei hingga 20 Juni. Kemudian para calon siswa baru bisa memasukkan PIN ke sistem pendaftaran tanggal 11-13 Juni untuk kuota pindah tugas orang tua, jalur prestasi, inklusi, dan tidak mampu.

“Sedangkan jadwal pendaftaran untuk jalur zonasi umum, dijadwalkan mulai bisa mendaftar di sekolah 17-20 Juni. Di sinilah kecepatan, serta kedekatan atau jarak rumah dengan sekolah diperhitungkan. Kalau ada orang tua yang tidak dapat PIN segera lapor ke kami,” jelasnya.

Pria yang menggunakan kacamata ini mengatakan seluruh sistem pendaftaran PPDB 2019 dalam keadaan siap. Ia memastikan tidak akan ada masalah, meski variable cepat mendaftar masuk dalam salah satu syarat PPDB. “Server sudah kami siapkan. Pengalaman tahun lalu tidak masalah. Kalaupun ngadat akan ditambah kapasitasnya,” tuturnya. (mus/jay)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia