Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Hikmah Ramadan 1440 H

Puasa Momen Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan

OLEH: Mayjen TNI R. Wisnoe PB-Pangdam V/BRW

27 Mei 2019, 18: 05: 19 WIB | editor : Wijayanto

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe PB

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe PB (ISTIMEWA)

Share this      

BULAN suci Ramadan menjadi bulan yang paling mulia jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Selain malam Nuzulul Quran, di bulan Ramadan juga terdapat Lailatul Qadar atau Malam Seribu Bulan.

Nuzulul Quran yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadan merupakan suatu peristiwa terpenting bagi umat Islam. Pasalnya, untuk pertama kalinya, Allah SWT menurunkan Alquran kepada Rasullah SAW. Surat pertama adalah Surat Al-Alaq. Inti dari surat ini ialah memerintahkan kepada umat manusia untuk membaca atau belajar, agar bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

Setelah surat pertama turun, barulah turun surat-surat berikutnya. Ini semua menjadi pedoman bagi umat Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang kita kenal saat ini sebagai Alquran, yaitu kitab suci kita umat Islam.

Kita memperingati Nuzulul Quran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan agar lebih menghayati nilai-nilai ibadah. Sekaligus memahami makna dan kandungan yang ada dalam kitab suci Alquran.

Ibadah puasa di bulan suci Ramadan bukan hanya sekadar melatih pegendalian diri saja. Namun, puasa juga sangat penting dalam menanamkan sifat kejujuran, kedisiplinan, hingga berbagi dengan sesama.

Di samping itu, kita harus mampu menjadikannya sebagai momentum untuk introspeksi dan evaluasi diri. Kemudian bangkit dan bertekad melakukan perubahan serta perbaikan sebagai bekal pengabdian kepada Jawa Timur yang kita cintai ini.

Kita bersyukur bahwa saat ini situasi keamanan di Jawa Timur sangat kondusif. Masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dan aktivitas sehari-hari dengan baik. Kita juga dapat bersilaturahmi bersama Forkopimda Provinsi Jawa Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan keluarga besar Kodam V/Brawijaya.

Semoga momentum bulan puasa ini dapat mempererat ukhuwah islamiah (persaudaraan antarumat Islam), ukhuwah wathoniah (persaudaraan sebagai satu bangsa), dan juga ukhuwah bashariah (persaudaraan antarumat manusia), sebagai perekat terwujudnya soliditas dan persatuan yang kuat di antara kita bersama. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia