Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

DPU Bina Marga Jatim Jamin Tak Ada Jalan Berlubang Jelang Lebaran

27 Mei 2019, 18: 02: 34 WIB | editor : Wijayanto

PERIKSA: Kepala Dinas PU Bina Marga Gatot Sulistyo Hadi saat meninjau jalan provinsi di Madura.

PERIKSA: Kepala Dinas PU Bina Marga Gatot Sulistyo Hadi saat meninjau jalan provinsi di Madura. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Lebaran kurang delapan hari lagi. Masyarakat sudah mulai mengadakan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur menargetkan sebelum arus mudik, pengerjaan penambalan jalan sudah tuntas.

Selain itu, dinas ini juga menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) pada 11 Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bina Marga Jatim.

“Bisa dipastikan sebelum Lebaran, jalan provinsi sudah tidak ada yang berlubang. Kalau ada yang berlubang, masyarakat bisa melapor. Nanti TRC akan langsung turun untuk menangani,” ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Gatot Sulistyo Hadi.

Menurut dia, kondisi jalan di beberapa daerah perlu pengamanan karena kondisinya rawan longsor. Beberapa tempat di wilayah selatan secara geografis merupakan daerah perbukitan dan pegunungan yang sewaktu-waktu bisa terjadi longsor.

“TRC juga akan memantau terus kawasan yang berpotensi longsor. Sehingga, saat ada kejadian bisa langsung ditangani,” katanya.

Untuk perbaikan jalan provinsi, saat ini pihaknya menggunakan kendaraan alat berat mekanis. Tujuannya agar pengerjaan lebih cepat. "Jadi, tidak harus menunggu pihak ketiga untuk pengerjaan. Bisa kami lakukan sendiri dan prosesnya sangat cepat,” ujarnya.

Gatot menambahkan, masyarakat juga bisa melaporkan jika ada jalan kabupaten yang rusak. Pasalnya, pemerintah provinsi dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi pengaduan khusus jalan. “Bisa dipastikan kemantapan jalan provinsi saat ini sudah 90 persen,” ujarnya.

Selain itu, Gatot juga memastikan, jelang Lebaran tidak ada pekerjaan rekonstruksi jalan. Semua pekerjaan rekonstruksi jalan, baik jalan arteri maupun jalan tol sudah selesai sebelum H-10. Termasuk di antaranya pengerjaan Jalan Tol Pandaan-Malang, baik hingga Karanglo maupun Pakis, yang saat ini sudah kelar 80 persen. “Tapi kalau pekerjaan penambalan jalan lubang, TRC tetap akan bekerja,” ujarnya.

Pihak Bina Marga juga menunda pengerjaan rekonstruksi Jembatan Ngragas di jalur Bojonegoro-Jatirogo Tuban. “Kami menjamin ketika arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 berlangsung, tidak ada jalan arteri yang berlubang di wilayah Jatim,” pungkasnya. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia