Rabu, 21 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Blangko Habis, Dispenduk Gresik Terbitkan Suket

27 Mei 2019, 17: 08: 58 WIB | editor : Wijayanto

HABIS: Pengiriman blanko e-KTP dari pemerintah pusat kembali tersendat sementara pemohon tiap hari mencapai ratusan.

HABIS: Pengiriman blanko e-KTP dari pemerintah pusat kembali tersendat sementara pemohon tiap hari mencapai ratusan. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Pengiriman blanko e-KTP kembali tersendat. Kondisi ini membuat blanko menjadi langka. Sehingga, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) terpaksa kembali mengeluarkan surat keterangan (suket) pengganti e-KTP.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Gresik Khusaini membenarkan hal tersebut. Menurut dia, pihaknya sudah mengajukan kepada pemerintah pusat namun belum disetujui seluruhnya. “Kami hanya dapat kiriman 500 keping saja.  “Karena hanya 500, maka kami hanya mencetakkan e-KTP untuk warga yang baru berusia 17 tahun. Untuk yang pindah dan lainnya sementara pakai suket,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan.

Meskipun hanya diberikan kepada pemohon pemula, jumlah blanko 500 keping hanya bertahan empat hari saja. Sehingga, pihaknya harus bolak-balik Jakarta untuk meminta tambahan blanko lagi. “Dan turunnya selalu sama hanya 500 keping,” ungkap dia.

Dikatakan, hingga Kamis kemarin jumlah blanko yang tersisa hanya 427 keping. INi termasuk sisa minggu lalu. “Setiap Selasa kami ambil di Jakarta, untuk blankonya, tapi tidak bisa banyak,” terangnya.

Ditambahkan, pihaknya selama ini telah mengajukan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait kebutuhan blanko E-KTP sebanyak 10.000 keping. “Tapi belum diacc, hanya diberikan 500 itu tadi,” imbuh dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia