Selasa, 15 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Rela Antre Sejak Subuh Demi Tukar Uang Baru

26 Mei 2019, 21: 45: 25 WIB | editor : Wijayanto

PERJUANGAN: Ratusan warga mengantre untuk mendapatkan uang baru di GOR Sidoarjo.

PERJUANGAN: Ratusan warga mengantre untuk mendapatkan uang baru di GOR Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Jasa penukaran uang baru di area parkir Stadion Olahraga Delta Sidoarjo Surabaya, Sabtu (25/5) diserbu warga. Ribuan warga yang mengetahui adanya jasa penukaran uang baru itu bahkan sudah antre sejak subuh.

Bahkan saat satu mobil jasa penukaran uang itu tiba, warga langsung berebut meminta nomor antrean. Salah satu warga, Mayasari Prahenti mengaku sudah datang sejam sekitar pukul 04.00.

Dia mengatakan, sengaja datang lebih awal agar dapat memperoleh nomor antrean lebih awal. Usahanya pun tak sia-sia, dia berhasil memperoleh nomor urut 2. “Kalau enggak datang dari awal takut enggak kebagian,” katanya.

Warga asal Desa Sekardangan itu menambahkan, dia menukarkan uangnya sebesar Rp 3,7 juta. Uang-uang itu dia tukarkan dalam bentuk pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu hingga pecahan Rp 2 ribu.

Jasa penukaran uang baru itu dilakukan oleh Bank Indonesia wilayah Surabaya. Perwakilan Bank Indonesia Wahyu Nur Hidayat mengatakan, saat penukaran itu dilakukan, pihaknya membawa modal sebanyak Rp 740 juta.

Penukaran uang baru itu terdiri dari pecahan Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Wahyu mengaku, dalam penukaran uang baru itu, uang pecahan Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu paling banyak peminat. Saking banyaknya, kedua uang pecahan itu ludes lebih awal. “Ludes sampai pukul 13.30 tadi,” katanya.

Sehingga, uang yang tersisa hanya di pecahan Rp 20 ribu. Dalam layanan jasa tukar uang baru yang dilakukan kemarin, tersisa sekitar Rp 80 juta. Jasa penukaran uang baru tersebut sempat mengalami desak-desakan. Sebab warga berebut nomor antrean.

Beruntung, beberapa warga melakukan inisiatif untuk mencatat sendiri warga yang lebih dulu datang ke GOR Sidoarjo itu. Sehingga, saat mobil datang, pihaknya hanya tingga memanggil satu persatu warga sesuai nomor urut. “Jadi kita sesuai dengan nomor catatan tadi itu,” ujarnya.

Hingga pukul 14.00, tercatat sebanyak 135 warga yang melakukan penukaran uang baru. Rencananya, jasa penukaran uang baru itu dilanjutkan hari ini dan tanggal 30 Mei. Dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 11.00. Dalam penukaran jasa uang baru itu, dikawa oleh 3 kepolisian dari Sat Brimob Polda Jawa Timur. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia