Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Bau Mulut Saat Puasa Bisa Dicegah Jika Anda Memperhatikan Hal Ini

25 Mei 2019, 11: 27: 35 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi bau mulut

Ilustrasi bau mulut (NET/DREAM.CO.ID)

Share this      

SURABAYA - Bau mulut menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap mengganggu saat berpuasa. Saat puasa, asam lambung pada orang berpuasa meningkat yang akibatnya gas keluar melalui mulut.
Untuk mencegah bau mulut selama berpuasa, dokter spesialis Ortodental, Irvanda Mulyaningsing membagikan beberapa tips. Salah satunya adalah menghindari makanan yang mengandung gas. Bebera makanan yang mengandung gas tinggi di antaranya adalah sayur kol, kubis, seledri, brokoli, apel, makanan bertepung, oatmeal dan lainnya.
Selain itu, bau mulut saat berpuasa bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah kekurangan air putih atau dehidrasi selama puasa. Untuk itu, sebaiknya selama puasa hingga sahur usahakan minimal minum air putih sebanyak delapan gelas untuk mrnghindari dehidrasi. "Karena mulut yang kering juga dapat menimbulkan bau mulut juga," imbuhnya. 
Selama berpuasa, usahakan untuk mengindari berkumur dengan obat kumur yang mengandung banyak alkohol. Kadar alkohol yang banyak menyebabkan mulut gampang kering dan tidak nyaman. Menggunakan obat kumur boleh, asalkan tidak mengandung banyak alkohol. 
Untuk menjaga kesehatan mulut, juga danjurkan menyikat gigi secara rutin. Saat berpuasa, waktu menyikat gigi terbaik adalah sesaat setelah sahur dan setiap mandi. Karena kebersihan mulut juga berpengaruh besar pada bau mulut.
Saat keadaan gigi dan gusi rusak, ditandai dengan gigi berlubang dan karang gigi, juga menjadi penyebab bau mulut. "Untuk merawat kesehatan gigi, hendaknya selalu rutin memeriksakan gigi. "Pemeriksaan gigi secara rutin dapat memantau kesehatan gigi. Jika secara dini dipantau kesehatan giginya, maka penanganannya juga tidak akan terlalu berat," ujarnya. (is/jay)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia