Selasa, 18 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

SMPN Kelebihan Pendaftar, Muntahan Siswa Terancam Masuk Swasta

24 Mei 2019, 10: 15: 33 WIB | editor : Wijayanto

MEMBLUDAK: Meski panas para orang tua sabar menunggu proses verifikasi secara online di sekolah masing-masing.

MEMBLUDAK: Meski panas para orang tua sabar menunggu proses verifikasi secara online di sekolah masing-masing. (UMI HANY AKASA/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Sekolah di wilayah Gresik seperti SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 4 mengalami kelebihan pendaftar. Jumlah pendaftar dua kali dari kuota yang ada. Jika sampai tidak diterima, mau tidak mau calon siswa harus daftar ke sekolah swasta.

Ketua Pelaksana PPDB Dispendik Gresik Nur Maslichah mengakui sebagian sekolah pada hari pertama dan kedua PPDB membludak. “Yang membludak mayoritas di sekolah yang berada di kota,” kata Ica-sapaan Nur Maslichah.

Meski begitu, siswa yang tidak diterima di sekolah tersebut masih bisa diterima di sekolah negeri lainnya. Misalnya, di kawasan Manyar, Cerme, Kebomas dan lain sebagainya. “Untuk jarak bisa diperluas sampai di atas 5 kilometer,” kata Ica. 

Di balik sekolah yang sudah kelebihan pendaftar, tidak sedikit sekolah yang minim pendaftar.   Seperti SMPN 2 Sidayu baru 60 siswa yang diverifikasi. Sementara SMPN 1 Sidayu sudah 222 pendaftar.

"SMPN 3 Sidayu sampai pukul 15.29 WIB baru ada 15 siswa yang diverifikasi," terangnya.

SMPN 1 Driyorejo menurut website gresik.siap-ppdb.com sudah memverifikasi 475 siswa. Untuk SMPN 33 Gresik udah ada yang verifikasi.

“Besok pengumumannya, kalau  ada sekolah yang kekurangan kuota akan ditambahkan dari sekolah lain,” jelasnya. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia