Minggu, 16 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

8 Overpass Akan Dibangun Tahun Ini, Yang Pertama Dibangun di Masangan

23 Mei 2019, 22: 22: 57 WIB | editor : Wijayanto

KONSTRUKSI: Sejumlah alat berat dan pekerja terlihat mulai membangun overpass di wilayah Masangan Wetan, Sukodono.

KONSTRUKSI: Sejumlah alat berat dan pekerja terlihat mulai membangun overpass di wilayah Masangan Wetan, Sukodono (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Dari delapan overpass yang dibangun tahun ini, satu titik mulai dikerjakan. Lokasinya di Desa Masangan Wetan, Kecamatan Sukodono. Mulai Kamis (23/5), pembangunan satu lajur tambahan itu dikerjakan. Targetnya, akhir tahun selesai.

Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu-Lintas Dishub Evi Anita menuturkan pembangunan overpass dimulai awal bulan ini. Dimulai dengan tahapan pengukuran kekuatan tanah. Selanjutnya alat berat dipindahkan ke lokasi pembangunan. "Pembangunan dikerjakan PT Jasa Marga," ujarnya.

Evi menjelaskan, rencananya PT Jasa Marga akan menambah satu lajur overpass Masangan Wetan. Lebarnya 3,5 meter. Sehingga total lebar dua overpass itu 7 meter. Dengan tambahan ruas itu kendaraan tidak perlu lagi antri ketika melintas di jembatan layang tersebut.

Selain overpass Masangan Wetan, PT Jasa Marga juga membangun jembatan layang di Wage, Taman. Sama seperti di Masangan Wetan, lebar jalur di overpass itu hanya 3,5 meter. Kendaraan roda empat yang melintas harus bergantian. Hal itu menjadi pemicu kemacetan panjang.

Evi menambahkan, setelah rampung, fasilitas jalan layang itu akan ditambah. Seperti CCTV dan rambu. "Sehingga kami bisa memonitor arus kendaraan," tuturnya.

Kepala Dishub Bahrul Amig menjelaskan, ada delapan overpass yang harus dilebarkan. Selain di Sukodono dan Taman, lima lainya di desa Sukolegok dan desa Sepande, Candi. Desa Jumputrejo, Sukodono. Satu overpass berlokasi di desa Kedungturi, Taman. Dua lainya di Suko dan Jalan Ksatrian.

Amig mengatakan, kondisi lima overpas itu juga membutuhkan penanganan. Lantaran jalur sangat sempit. "Hanya ada satu lajur saja," jelasnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia