Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Gaji ke-13 dan THR Pegawai Negeri Cair Mulai Jumat

23 Mei 2019, 09: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

THR: Mulai hari Jumat (24/5) ASN Pemprov Jawa Timur sudah menerima tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13.

THR: Mulai hari Jumat (24/5) ASN Pemprov Jawa Timur sudah menerima tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13. (Kominfo)

Share this      

KREMBANGAN - Pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 aparatur sipil negara (ASN) ditargetkan bisa terealisasi pekan ini. Pemberian THR tersebut rencananya akan diberikan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin (27/5). 

"Meski diberikan simbolis, namun THR ini sudah ada dalam rekening masing-masing pegawai sejak beberapa hari sebelumnya," ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jatim, Jumadi, Rabu (22/5). 

Jumadi menjamin pencairannya tidak akan mengalami keterlambatan. Ia memastikan peraturan gubernur (Pergub) itu selesai sebelum tenggat pembayaran THR ASN, Jumat (24/5). 

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 dan 36 tahun 2019 tentang Pembayaran THR dan Gaji ke-13, pencairannya diatur menggunakan peraturan daerah. "Kami berharap tanggal 23 Mei sudah sampai (peraturan gubernur) ke bendahara pengeluaran di organisasi perangkat daerah, dan kemudian ditransfer dari bendahara pembantu ke rekening ASN masing-masing," katanya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno mengatakan pencairan THR ini tidak hanya ASN saja. Menurutnya pegawai tidak tetap pun juga mendapatkan THR, dengan mekanisme yang ada di masing-masing instansi.

"Ada tiga mekanismenya, ada yang langsung 100 persen sesuai gaji pokok atau satu kali gaji, ada yang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) satu kali penerimaan bulanan, dan satu lagi sesuai kemampuan instansi yang mengangkat. Karena penerimaan THR ini tidak bisa disamakan," jelasnya.

Untuk tanggal penerimaan THR bagi pegawai tidak tetap, Anom mengaku, tidak sama setiap instansi. Hal ini tergantung kesiapan dalam mencairkan. "Namun, pencairan dilakukan antara 24-28 Mei 2019," pungkasnya. (mus/rak)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia