Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Pemkot Surabaya Tekan Pemanasan Global

Optimistis Capai Suhu Udara 20 Derajat Celsius

23 Mei 2019, 08: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

SEKALIGUS SARANA REKREASI: Suasana di Taman Harmoni Keputih. Pemkot Surabaya terus menambah luas RTH untuk menurunkan suhu udara mikro di Kota Pahlawa

SEKALIGUS SARANA REKREASI: Suasana di Taman Harmoni Keputih. Pemkot Surabaya terus menambah luas RTH untuk menurunkan suhu udara mikro di Kota Pahlawan. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

KEMBANG JEPUN – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya optimistis mencapai target menurunkan suhu hinggga 22-20 derajat celcius di Surabaya. Suhu yang dimaksud dalam hal ini adalah suhu mikro atau suhu di bawah pohon-pohon yang ditanam di Kota Surabaya.

“Kalau menambah taman dan menambah ruang terbuka hijau (RTH) akan menurunkan suhu mikro,” kata Kepala Seksi Pemantauan dan Pengendalian Kualitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Ulfiani Ekasari, Rabu (22/5).

Nantinya pohon maupun tanaman yang berada di taman maupun tepi jalan akan memberikan bayangan. Efek bayangan tersebut membantu untuk menurunkan suhu udara.

Ulfiani mengungkapkan, berdasarkan data yang direkap oleh DLH sejak 2015 lalu, Kota Surabaya mampu menurunkan suhu kurang lebih 1 derajat celcius. “Perolehan ini sangat bagus, melihat pada tahun-tahun ini terjadi pemanasan global, banyaknya kendaraan yang menggunakan bahan bakar, dan masih banyak lagi,” kata dia.

Menurutnya, dengan suhu yang stabil dalam situasi tersebut merupakan sebuah capaian yang cukup bagus untuk Kota Surabaya. Oleh karena itu, lanjut Ulfiani, dengan menambah RTH di Kota Pahlawan, akan mampu mencapai target yang diinginkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yakni 20 derajat celcius. “Tapi saya belum bisa memprediksi berapa lama untuk menurunkan suhu,” kata Ulfiani.

Ia juga mengaku hingga saat ini pihaknya belum melakukan pengecekan ulang suhu udara setelah penambahan beberapa taman oleh pemkot. Hal ini disebabkan karena belum ada alat yang memadai untuk melakukan pengecekan suhu mikro tersebut. “Bulan depan insyaallah akan saya ukur suhu Kota Surabaya,” kata dia.

Disamping itu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan, pihaknya menargetkan 30 persen RTH di Kota Surabaya. Upaya tersebut dilakukan dengan menambah taman bermain, taman bunga, maupun taman olahraga untuk fasilitas masyarakat.

Perlu diketahui, hingga tahun 2018 RTH di Kota Surabaya mencapai 21,79 persen atau sama dengan 7.290,53 hektare dari luas Kota Surabaya. (gin/nur)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia