Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Lebaran

22 Mei 2019, 16: 59: 52 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Distrik Distribusi Jawa Timur (Jatim) memastikan pasokan listrik aman pada saat momen Lebaran. Bahkan pihaknya mengklaim pasokan listrik mengalami surplus.

Senior Manager Distribusi PLN Unit Induk Jatim Alam Awaludin mengatakan, saat ini pasokan daya listrik yang dimiliki PLN Jatim mencapai 8.000 megawatt (MW) dan beban puncak di Jatim hanya 5.700 MW.

Menurutnya, jika dilihat dari daya mampunya, pasokan listrik Jatim masih surplus. Bahkan Jatim juga menyuplai untuk wilayah Bali 340 MW dan 1.400 MW untuk Jawa Tengah setiap hari.

Selain itu, pihaknya sudah menyiapkan 1.388 personel yang tersebar di 114 unit yang siap terjun untuk memperbaiki listrik yang mengalami gangguan. "Kesiapan untuk Lebaran ini disiapkan piket khusus, apabila ada gangguan tim kami akan segera pulihkan, kan kegiatan Ramadhan itu lebih banyak misalnya seperti taraweh dan pengajian," jelasnya.

Adapun khusus daerah kepulauan, lanjut Alam, terdapat delapan pulau yang menjadi perhatian meski sudah dilayani PLN selama 24 jam. Hanya ada satu pulau, yakni Gili Iyang yang masih dilayani selama 12 jam. "Tapi kami menyiapkan personel yang akan diatur sedemikian rupa, terutama untuk kebutuhan selama Lebaran," imbuhnya.

Alam menambahkan, pihaknya juga menyiapkan 37 titik lokasi pengamanan listrik, terutama lokasi untuk kegiatan salat Ied. Selain itu, ada 16 titik yang menjadi perhatian, misalnya seperti bandara, pelabuhan dan terminal.

Di sisi lain, pihaknya juga menyiapkan paket promo Lebaran bagi pelanggan yang ingin menambah daya listrik. Hal ini disampaikan oleh Manager Strategi Pemasaran PLN UID Jatim Tegar Hasadi.

Tegar mengakui pada saat momen libur Lebaran biasanya tren penggunaan listrik bagi industri mengalami penurunan tajam lantaran banyak pabrik berhenti beroperasi. Namun sebaliknya, penggunaan listrik pada konsumen rumah tangga justru meningkat karena biasanya ada kegiatan berkumpul keluarga.

Pihaknya juga mengantisipasi kebutuhan Lebaran dengan memastikan pembangkit listrik di Jatim siap untuk memasok kebutuhan listrik. "Ada PLTU, PLTGU Gresik, Paiton Unit 1 dan 2, PLTA Brantas lalu kita juga mengoperasikan unit PLTU di Pacitan, Tanjung Awar Awar Tuban, dan Paiton Unit 9. Semua ini untuk antisipasi adanya siaga pilpres, pileg hingga H+3 Lebaran kita tetap siaga," imbuhnya. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia