Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Puasa Bantu Perkuat Sistem Imun Anak

22 Mei 2019, 16: 15: 32 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (NET)

Share this      

SURABAYA - Meski tidak diwajibkan, tidak ada salahnya mengajarkan puasa kepada anak-anak sejak dini. Karena selain mengenalkan kewajiban dan kedisiplinan, puasa pada anak memiliki manfaat kesehatan. Di antaranya adalah memperkuat sistem imunitas.

Dokter spesialis anak dari RSUD Dr Soetomo Surabaya Metha Hanindhita menuturkan, pernah ada penelitian yang menyebutkan, anak yang berpuasa penuh hingga magrib memiliki sistem imun yang lebih baik daripada mereka yang tidak berpuasa. "Jadi ini berbeda ya dengan anak yang berpuasa setengah hari saja," jelasnya.

Waktu anak berpuasa, metabolisme tubuh akan lebih lambat namun lebih efisien. Ini karena Insulin yang berguna untuk memasukkan gula yang dihasilkan dari makanan juga menjadi lebih sensitif. Sehingga secara tidak langsung meningkatkan kerja sistem imun tubuh.

"Puasa juga bisa menurunkan tingkat stres oksidatif dan inflamasi yang dapat mencederai sel dalam tubuh," imbuhnya.

Namun ia menyarankan, pada anak-anak, sebaiknya, melatih puasa juga dilakukan secara bertahap. Jika tidak kuat puasa seharian penuh, maka bisa dilatih setengah hari terlebih dahulu. Sekuat anaknya, sembari di motivasi terus menerus.

"Di dalam aturan agama pun tidak ada kewajiban berpuasa penuh kok untuk anak-anak. Seandainya memang tidak kuat, batalkan saja. Jangan dipaksa," tukasnya. (is/nur)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia