Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Jelang Lebaran, Ini Hasil Sidak Satgas Pangan di Pasar dan Distributor

21 Mei 2019, 23: 57: 48 WIB | editor : Wijayanto

STABIL: Tim Satgas Pangan saat memantau harga di Pasar Gedangan, Selasa (21/5).

STABIL: Tim Satgas Pangan saat memantau harga di Pasar Gedangan, Selasa (21/5). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Tim satgas pangan gabungan dari Polresta Sidoarjo, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bulog dan Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali melakukan sidak pasar tradisional dan distributor pasar modern, Selasa (21/5).

Hasilnya, seperti di pasar Puri Gedangan, beberapa  harga bahan pokok justru mengalami penurunan. 

Harga bawang putih kating yang pernah menyentuh  Rp 33.000 per kilogramnya, kini sudah turun menjadi Rp 30.000.

Harga cabai merah besar yang sempat menembus harga tertinggi Rp 45.000, sekarang menjadi Rp 30.000. Telur ayam, dari Rp 25.000 menjadi Rp 20.000.

“Sampai saat ini harga masih naik turun dan kalau ada kenaikkan, masih wajar,” ungkap Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris. 

Setelah dari pasar Puri Gedangan, tim satgas bergeser ke gudang distributor pasar modern, untuk memantau stok buah, snack, dan sembako.

“Gula kemasan masih dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 12.500,”  kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Listyaningsih.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sembako masyarakat selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri, Disperindag akan menyelenggarakan Pasar Rakyat Ramadan pada 24-26 Mei. “Rencananya, Bupati akan membagikan 3000 kupon sembako,” katanya. 

Paket sembako yang berisi 2 kg gula pasir, 1 botol minyak goreng, 2 buah mi instan dan 1 botol kecap. Satu paket sembako tersebut dijual dengan harga Rp. 20.000 dengan sistem kupon dari Disperindag.

Rencananya, kupon ini dibagikan untuk warga di Kecamatan Buduran, Candi dan Sidoarjo. “Karena terbatas anggaran, makanya sasaran kami untuk tiga wilayah tersebut,” imbuhnya. 

Selain sembako, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga akan menjual berbagai jenis kebutuhan pokok dengan harga murah, diantaranya beras, telur dan daging ayam.

Untuk penyediaan Ikan Bandeng murah, Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo menjual paket bandeng dengan harga dibawah rata-rata pasar, yakni Rp. 28.000 rupiah per 2 Kg.(rpp/nug)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia