Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pastikan Jalur Mudik Aman, Tuntaskan Perbaikan Jalan Sebelum Lebaran

21 Mei 2019, 10: 53: 06 WIB | editor : Wijayanto

PASTIKAN AMAN: Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin saat menyampaikan persiapan pemkab mengahadapi Idul Fitri.

PASTIKAN AMAN: Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin saat menyampaikan persiapan pemkab mengahadapi Idul Fitri. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo memastikan kondisi jalan di beberapa ruas dalam keadaan baik. Terutama arus jalan utama yang nantinya akan digunakan sebagai jalur kendaran para pemudik.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin saat konferensi pers di Pendopo Delta Wibawa, kemarin (20/5). 

Pria yang kerap disapa Cak Nur itu mengatakan, jika para pemudik tidak perlu khawatir terkait kondisi jalan utama tersebut. Kalau jalan yang berkaitan dengan mudik tidak ada masalah, katanya, Senin (20/5).

Kendati demikian, kata Cak Nur, saat ini terdapat beberapa jalan kabupaten yang dalam keadaan rusak. Menurutnya, kerusakan jalan kabupaten itu terjadi akibat genangan air yang sering terjadi saat musim hujan kemarin.

Sehingga beberapa ruas jalan kabupaten memang mengalami masalah. Namun begitu, Cak Nur telah meminta dinas terkait untuk melakukan perbaikan jalan kabupaten secepatnya.

Perbaikan tersebut diperlukan agar masyarakat dapat menjalin silaturahmi dengan baik. Kalau jalan kabupaten, itu kan buat silaturahmi saat lebaran, terangnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBM SDA) Sidoarjo Sunarti Setyaningsih saat ini tengah melakukan upaya melakukan penambalan jalan di ruas jalan kabupaten yang berlubang.

Penambalan jalan itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jalan yang rusak akibat musim hujan yang lalu. Karena anggarannya masih terbatas, kita lakukan pemeliharaan jalan rutin dulu, katanya.

Selain itu, pemkab juga telah melakukan beberapa persiapan mengahadapi Idul Fitri. Di antaranya menyiapakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. Setidaknya ada sekitar 35 bus yang disiapkan dalam mudik gratis itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo Bahrul Amig mengatakan, sebanyak 35 bus itu nantinya akan melayani pemudik ke 7 kabupaten/kota tujuan. Ke 35 bus itu juga  mengangkut 1.925 penumpang. Saat ini masih tersisa 539 kursi, katanya.

Dia menambahkan, penerima manfaat layanan mudik gratis itu memang diprioritaskan bagi warga yang tinggal di Sidoarjo. Sebab layanan serupa juga sudah ada di masing-masing kota.

Namun begitu, selama kursi masih tersedia, pihaknya mempersilahkan warga untuk melakukan pendaftaran mudik gratis tersebut. Kalau mau berangkat dari Sidoarjo, silahkan, paparnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia