Minggu, 16 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Petugas Gabungan Sweeping Penumpang Bus Tujuan ke Jakarta

19 Mei 2019, 21: 37: 42 WIB | editor : Wijayanto

CEK: Petugas gabungan memeriksa penumpang dan barang bawaannya yang menuju ke Jakarta di Terminal Bungurasih.

CEK: Petugas gabungan memeriksa penumpang dan barang bawaannya yang menuju ke Jakarta di Terminal Bungurasih. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Polisi dan petugas gabungan menggelar sweping terhadap penumpang tujuan Jakarta di Terminal Bungurasih, Sabtu (18/5) malam. Sweeping dilakukan dalam rangka operasi pekat sekaligus untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan di bulan Ramadan, Idul Fitri serta antisipasi isu teror dalam aksi 22 Mei.

Selepas apel, petugas gabungan dari unsur TNI, dishub, satpol PP langsung menyebar melakukan pemeriksaan. Bahkan 10 personel Brimob bersenjata lengkap ikut dalam kegiatan sweping tersebut.

Sasaran utama sweeping adalah penumpang jurusan Jakarta. Namun, tiga jalur pemberangkatan lain yang dimungkinkan sebagai akses transit pemberangkatan ke ibu kota juga dilakukan pemeriksaan. Jalur itu di antaranya bus jurusan ke Bogor, Bandung, Tegal, Cirebon, dan Lampung.

Dalam pemeriksaan itu, petugas tak hanya memeriksa penumpang di dalam bus. Namun barang bawaan dan isi bagasi bus juga menjadi sasaran.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengungkapkan, kegiatan ini sebagai salah satu langkah untuk menjaga kondusifitas kamtibmas khususnya di bulan ramadan. Termasuk antisipasi isu teror dalam aksi 22 mendatang. "Termasuk semuanya (isu aksi teror 22, Red)," sebutnya.

Zain juga menegaskan, pihaknya juga telah siap melakukan serangkaian antisipasi terkait isu adanya kelompok teror yang ingin bergabung dalam aksi 22. "Kita telah meningkatkan kegiatan deteksi dini, dan serangkaian langkah preventif," imbuhnya.

Zain berharap, dengan adanya langkah preventif itu dapat menjaga kondusifitas kamtibmas dan masyarakat dapat beribadah tenang di bulan Ramadan. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia