Selasa, 25 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Persiapan Arus Mudik, BBPJN VIII Kebut Perbaikan Jalan

18 Mei 2019, 11: 18: 42 WIB | editor : Wijayanto

DIKEBUT: Para pekerja saat melakukan perbaikan jalan di kawasan ruas Surabaya-Gresik di kawasan Romokalisari, Surabaya.

DIKEBUT: Para pekerja saat melakukan perbaikan jalan di kawasan ruas Surabaya-Gresik di kawasan Romokalisari, Surabaya. (RAHMAT SUDRAJAT/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Saat mudik lebaran 2019, volume kendaraan di ruas jalan dipastikan mengalami peningkatan, terutama di jalur pantai utara (Pantura). Untuk mengantisipasi hal itu, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII kini ngebut melakukan perbaikan jalan, terutama di jalan di ruas Surabaya-Gresik-Sadang, sepanjang 57,8 KM.

BBPJN VIII menargetkan seluruh pengerjaaan selesai pada H-10 lebaran, agar bisa digunakan para pemudik yang umumnya menuju kampung halaman mereka di kawasan pantura dan sekitarnya.  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII, Merlan Efendi menjelaskan pihaknya mulai mengintensifkan proses perbaikan jalan di ruas Surabaya-Gresik-Sadang.

“Di Surabaya sendiri pengerjaaan perbaikan jalan mulai di lakukan di Jalan Demak, tepatnya di depan makam Mbah Ratu, kemudian di lanjutkan ke wilayah Barat, di Jalan Tambak Langon, Branjangan, Romokalisari, hingga pengerjaan berakhir di kawasan Panceng, Gresik, ” katanya.

Perbaikan ruas jalan yang diperbaiki mulai dari Surabaya-Gresik-Panceng sepanjang 57 KM yang ditargetkan selesai pada H-10 Lebaran Idul Fitri 1440 H.  “Ya supaya nantinya para pemudik bisa melewati jalan pantura ini,” imbuhnya. Demi mempercepat proses perbaikan jalan, BBPJN VIII menerjukan ratusan pekerja lapangan yang bekerja. “Untuk melangsungkan pekerjaan jalan ini, kami memperkerjakan ratusan pekerja yang dibagi dalam 2 shift, ada yang pagi dan malam,”ungkapnya.

Kebanyakan pekerja melakukan aktivitas pengerjaan tersebut pada malam hari yakni pengecoran jalan, sehingga tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan. Ruas jalan di jalan tersebut menjadi penghubung dari atau menuju kota besar, sehingga menjadi alternatif atau pilihan pemudik untuk melintasi.

“Akibat pengerjaan perbaikan jalan, terjadi penyempitan ruas jalan dari arah Jalan Demak  hingga ke  arah Romo Kalisari sehingga  memakan hampir separuh jalan. Kendaraan-kendaraan besar hingga roda dua diharapkan berhati-hati,”pungkasnya. (rmt/rud)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia