Senin, 17 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Hikmah Ramadan 1440 H

Puasa Perkuat Hubungan Vertikal dan Horizontal

OLEH: Sucipto-Branch Manager BFI Finance

18 Mei 2019, 10: 49: 43 WIB | editor : Wijayanto

Sucipto, Branch Risk & Operation Manager BFI Finance

Sucipto, Branch Risk & Operation Manager BFI Finance (HERNINDA CINTIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

RAMADAN merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Seperti disabdakan Rasulullah SAW dalam hadisnya bahwa bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, keberkahan untuk kita semua. Selama bulan Ramadan aktivitas-aktivitas yang dilakukan akan diganjar berlipat oleh Alllah SWT. Sehingga lazimnya sebagai umat Islam kita harus banyak melakukan kebaikan.

Begitu juga jika dilihat dari sisi ekonomi. Keberkahan di bulan ini dipastikan meningkatkan perekonomian. Orang yang dagang pasti juga ada peningkatan penjualan. Kalau karyawan pasti semua dapat THR, hingga untuk fakir miskin pun akan mendapatkan keberkahan. Karena kita akan didorong untuk meningkatkan infaq, di akhir ramadan kita juga akan berzakat fitrah.

Bulan Ramadan juga merupakan momentun agar kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain menyandang bulan penuh hikmah, Ramadan juga disebut sebagai bulan silaturahmi. Bulan di mana semangat menyambung persaudaraan biasa dilakukan oleh umat Islam, khususnya muslim di Indonesia. Bulan Ramadan bukan hanya sebagai sarana meningkatkan ibadah secara vertikal, tetapi juga ibadah secara horizontal.

Momentum bagi keluarga juga. Kita biasa bekerja sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam. Kalau selama bulan Ramadan ini kita akan mengusahakan untuk bisa salat berjamaah, buka puasa bersama, tarawih dan mengaji bersama keluarga. Di tengah kesibukan bekerja kita tetap akan mengusahakan untuk keluarga menjadikan kedekatan dengan keluarga juga lebih bagus.

Selain itu, pada bulan ini hati seorang muslim tampak begitu lapang, pemaaf, dan memiliki semangat persaudaraan yang tinggi. Tidak salah jika Ramadan adalah bulan silaturahmi, yaitu saat-saat kita sangat terbuka untuk menjalin hubungan sosial yang renggang, jauh, atau bahkan terputus.

Banyak hal yang bisa dimaknai dalam momentum ini. Berharap aktivitas-aktivitas yang selama ini dilakukan tidak dilakukan di bulan Ramadan saja, tetapi tetap mempertahankan apa yang telah dilakukan selama bulan ramadan ini di bulan-bulan berikutnya. (cin/rek)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia