Rabu, 26 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Curi Kabel Tembaga, Warga Sebani Diborgol

17 Mei 2019, 07: 33: 01 WIB | editor : Wijayanto

TERTANGKAP: Tersangka Juwono ketika di Polsek Tarik.

TERTANGKAP: Tersangka Juwono ketika di Polsek Tarik. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO – Juwono, 35, warga Desa Sebani RT 30/RW 05, Kecamatan Tarik harus mendekam di balik jeruji penjara. Tersangka diringkus polisi karena ketahuan mencuri kabel tembaga seberat 23 kilogram di PT Tjiwi Kimia Raya, Desa Kramat Temenggung, Kecamatan Tarik.

Kapolsek Tarik AKP Nadzir Syah Basri mengungkapkan, tersangka digelandang ke Mapolsek Tarik setelah sempat diamankan sekuriti setempat kerena tepergok mencuri kabel. Mulanya, tersangka dan satu rekannya nampak mondar-mandir di dalam kawasan pabrik tersebut.

Saat itu tersangka nampak sedang membawa kabel tembaga di tangannya. Curiga mereka adalah pencuri, sekuriti setempat langsung mendatangi kedua pria tersebut. “Sebelumnya memang kerap ada laporan kehilangan besi tembaga, jadi para sekuriti mulai waspada terhadap orang asing,” imbuh Nadzir, Kamis (16/5)

Namun saat sekuriti mendekat, keduanya beralasan sedang memperbaiki pipa. Saat  sekuriti sedikit, keduanya langsung melarikan diri dan meninggalkan kabel tembaga yang dibawanya begitu saja.

Sekuriti dibantu karyawan setempat langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap tersangka. Dia ditangkap di lantai dua pabrik tersebut. Sayangnya, rekan tersangka berhasil melarikan diri. Tak lama berselang, polisi tiba di lokasi untuk mengamankan tersangka.

Berbekal barang bukti itu, tersangka langsung digelandang ke Mapolsek Tarik untuk penyelidikan lebih lanjut. Tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.  Sementara itu, tersangka mengaku jika baru pertama kali melakukan pencurian. Rencananya, kabel yang didapat akan dijual ke pasar loak. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia