Senin, 16 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Sidak Makanan di Swalayan Sarikat Jaya

Temukan Puluhan Makanan Kedaluwarsa, Manajemen Akui Lalai

14 Mei 2019, 23: 57: 18 WIB | editor : Wijayanto

PEMERIKSAAN: Sekertaris Dinkes Kabupaten Gresik dr Mukhibatul Khusnah didamping staf supermarket Sarikat Jaya memeriksa barang-barang kedaluarsa.

PEMERIKSAAN: Sekertaris Dinkes Kabupaten Gresik dr Mukhibatul Khusnah didamping staf supermarket Sarikat Jaya memeriksa barang-barang kedaluarsa. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di toko swalayan Syarikat Jaya Jalan RA Kartini. Hasilnya, mereka menemukan puluhan produk makanan kemasan dan kaleng dalam kondisi tak layak dan kedaluwarsa.

Kegiatan razia makanan dan minuman itu dilaksanakan bersama tim gabungan dari Satpol PP, Disperindagkop, DPM-PTSP serta Humas Pemkab Gresik. Di dalam supermarket lokal Gresik ini, satu persatu barang diperiksa.

Beberapa staf dan rombongan kemudian mendapati puluhan mamin ditemukan sudah kedaluwarsa. Selain itu, petugas juga menemukan adanya mamin yang izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) –nya telah habis. Lalu barang-barang tersebut dikumpulkan menjadi satu.

“Untuk barang yang kedaluarsa di antaranya yakni, kecap roti dan sejumlah selai. Ada juga yang izin PIRT-nya habis serta ada produk yang tidak jelas waktu kedaluarsanya serta tidak ada izinnya,” ujar Sekertaris Dinkes Kabupaten Gresik dr Mukhibatul Khusnah.

Dikatakan, karena sidak ini masih merupakan bentuk pembinaan maka tidak ada sanksi yang diberikan. Hanya saja, pihaknya meminta kepada pihak supermarket untuk melakukan pemusnahan barang-barang yang kedaluarsa. “Kami minta ada berita acara pemusnahan serta foto kegiatan pemusnahan,” ungkap dia.

Sedangkan untuk produk yang izin PIRT-nya habis pihaknya meminta agar dikembalikan kepada distributor. Pihaknya supermarket diharapkan tidak lagi menerima produk yang tidak disertai dengan izin-izin yang lengkap. “Kami minta komunikasi dengan pihak distributor,” terangnya.

Dijelaskan, selain Sarikat Jaya sidak kali ini juga dilakukan di dua mall. Yakni, Gressmall dan Icon Mall. Hasilnya, petugas kembali menemukan adanya mamin yang kedaluarsa, yakni kurma.

“Sidak ini kami gelar untuk mengantisipasi adanya makanan dan minuman (mamin) kedaluarsa atau tidak layak dikonsumsi. Apalagi menjelang lebaran biasanya jumlah konsumsi masyarakat semakin meningkat,” ujarnya.

Ditambahkan, sidak seperti ini akan terus digelar hingga mendekati lebaran nanti. “Selain sidak yang kami lakukakan, kami berharap ada peran aktif masyarakat untuk selalu melakukan pengecekan barang yang akan dibeli. Kalau memang tidak layak silahkan dilaporkan kepada kami,” imbuhnya. 

Sementara itu, Manager Sarikat Jaya Lie Hong Siong tidak menampik adanya temuan produk makanan dan minuman di tokonya yang kedaluarsa. Dikatakan, pihaknya siap melaksanakan seluruh rekomendasi yang diberikan Dinkes. Mulai dari melakukan pembakaran barang kedaluarsa, mengembalikan barang dengan PIRT habis.

“Kami mengakui memang tidak cermat dalam melakukan pengawasan. Yang pasti, kami akan melaksanakan seluruh rekom tadi,” ungkapnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia