Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dishub Gresik Razia Angkutan Tak Berizin Jelang Arus Mudik

14 Mei 2019, 23: 20: 29 WIB | editor : Wijayanto

TIDAK LENGKAP: Petugas LLAJ Dishub Gresik melakukan razia angkutan di Jalan Raya Driyorejo.

TIDAK LENGKAP: Petugas LLAJ Dishub Gresik melakukan razia angkutan di Jalan Raya Driyorejo. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Menjelang arus mudik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar razia angkutan umum. Razia digelar untuk memastikan kelengkapan surat dan kelayanan armada angkutan tersebut. Sehingga, pada mudik lebaran nanti angka kecelakaan bisa diminimalisir.

Total kendaraan yang terjaring razia tersebut mencapai 22 unit. Dengan rincian,  angkutan yang melebih tonase sebanyak 4 truk. Kemudian,  ada 11 truk  dan tujuh unit pikap yang uji kirnya telah mati. “Razia kami gelar di Jalan Raya Driyorejo. Yakni untuk memantau muatan serta uji kir kendaraan,” ujar Kabid Angkutan Dishub Gresik Roni Soebiyantoro.

Semengara itu, Sekertaris Dishub Gresik, Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, razia kali digelar untuk mempersiapkan arus mudik lebaran. Pihaknya meminta kepada para pemilik angkutan untuk selalu memantau kelayakan jalan dari armadanya. “Sehingga angka kecelakaan pada mudik nanti bis diminimalisir,” ungkap dia.

Dikatakan, dalam razia kali ini pihaknya menggandeng kepolisian dalam operasi dengan menindak pelanggar melalui penilangan kendaraan. Begitu juga kendaraan bak terbuka ataupun kontainer yang over dimensi juga ditertibkan.

"Mereka langsung ditilang oleh Polisi Lalulintas. Kami juga memberikan peringatan dengan mengirim surat untuk kendaraan yang over dimensi agar disesuaikan," ungkapnya.

Ditambahkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI sangat ketat dalam menjalankan  Standar Operasional Prosedur (SOP) serta akan memeriksa secara detail komponen kondisi setiap kendaraan pada saat uji kir. "Makanya, kita tidak main-main mengeluarkan surat keterangan uji kir kendaraan," pungkas dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia