Jumat, 15 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Ramadan, Banyak Warung Makan Nekat Tetap Buka

14 Mei 2019, 18: 07: 32 WIB | editor : Wijayanto

Ramadan, Banyak Warung Makan Nekat Tetap Buka

SIDOARJO - Saat Ramadan, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Untuk itu, seluruh pedagang makanan baik di warung hingga restoran diminta agar tidak membuka warung makannya saat siang hari.

Hal itu sebagai salah satu bentuk untuk menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, di beberapa kawasan di Sidoarjo, masih banyak ditemui warung makan yang buka saat siang hari. Beberapa di antaranya, seperti di kawasan gedung olahraga (GOR) Sidoarjo dan Jalan Raya Taman Pinang.

Kepala Satpol PP Sidoarjo Widiyantoro Basuki mengatakan, pihaknya sudah membuat rencana untuk melakukan sosialisasi terkait hal itu. Dalam sosialisasi tersebut, para pedagang makanan diminta agar dapat menghormati orang yang sedang berpuasa. “Paling tidak jangan dipajang-pajang itu (makanan, Red),” katanya.

Namun begitu, pria yang kerap disapa Wiwit itu mengatakan, sebenarnya tidak mempermasalahkan warung yang buka saat siang hari pada bulan Ramadan. Hanya saja, pemilik warung harus memahami kondisi saat ini.

Yang terpenting kata Wiwit, menu makanan yang ada tidak boleh dipajang secara terang-terangan, sehingga dapat mengundang orang untuk makan secara terang-terangan pula.

Dia melanjutkan, selama ini tidak ada penertiban secara khusus yang dilakukan oleh Satpol PP. Hanya saja pihaknya berkewajiban menyampaikan imbauan agar warung makanan dapat berlaku tertib.

Imbauan sekaligus sosialisasi itu sudah dilakukan oleh Satpol PP sejak awal puasa lalu. Bahkan sudah sering dilakukan di beberapa tempat, seperti di kafe-kafe.

Dia menambahkan, Satpol PP justru lebih banyak melakukan operasi saat malam hari. Operasi itu dilakukan terkait dengan penyakit masyarakat seperti pekerja seks komersial serta minum-minuman keras. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia