Kamis, 24 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Siapkan 35 Armada Bus Mudik Gratis, Tersisa 700 Kursi

14 Mei 2019, 16: 45: 19 WIB | editor : Wijayanto

WEJANGAN: Bupati Saiful Ilah saat memberangkatkan armada mudik gratis Pemkab Sidoarjo pada tahun lalu.

WEJANGAN: Bupati Saiful Ilah saat memberangkatkan armada mudik gratis Pemkab Sidoarjo pada tahun lalu. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menyiapkan 35 armada bus dalam kegiatan mudik gratis tahun ini. Sebanyak 35 bus itu akan melayani penumpang yang akan mudik ke tujuh daerah. Di antaranya, Banyuwangi, Jember, Bojonegoro, Blitar, Ponorogo, Megetan dan Trenggalek.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Sidoarjo Edi Sutiono mengatakan, 35 bus itu akan mengangkut sekitar 1.925 penumpang. Sementara untuk tujuan Banyuwangi dan Jember masing-masing disediakan empat bus.

Sedangkan untuk tujuan Bojonegoro dan Blitar masing-masing disediakan satu armada bus. “Karena memang jumlah tahun kemarin tidak cukup,” katanya kepada Radar Sidoarjo, Senin (13/5).

Selain itu, pemkab juga menyediakan sembilan bus untuk tujuan Ponorogo dan Magetan. Kedua daerah itu menjadi salah satu kawasan yang paling banyak diserbu pemudik gratis. Hal itu setelah melihat animo tahun kemarin cukup banyak.

Sebab, tahun lalu, kata Edi di dua kabupaten tersebut aniomo pemudik gratis cukup banyak. Sementara jumlah bus yang disediakan masing-masing ada delapan bus. “Sekarang masing-masing kita tambah satu bus,” terangnya.

Sementara untuk tujuan Trenggalek pemkab menyediakan tujuh bus. Dari 35 bus yang disediakan, 10 di antaranya merupakan bantuan dari pemerintah provinsi. 10 bus itu melayani pemudik untuk tujuan Banyawangi, Jember, Bojonegoro dan Blitar.

Sementara 25 bus sisanya disediakan oleh pemkab Sidoarjo. Melayani pemudik untuk tujuan Ponorogo, Magetan dan Trenggalek. Hingga saat ini, jumlah pemudik gratis pemkab Sidoarjo itu sudah ada sekitar 1.225 pemudik yang telah mendaftarkan diri.

Untuk itu, dari 1.925 penumpang, kini tersisa hanya 700 kursi. Masing-masing 122 untuk tujuan Banyuwangi, 54 untuk tujuan Jember, 10 untuk tujuan Bojonegoro, 5 untuk tujuan Blitar, 199 untuk tujuan Ponorogo, 178 untuk tujuan Magetan dan 132 untuk tujuan Trenggalek “Kita buka sejak 15 April lalu, dan akan kita tutup jika sudah penuh,” ujarnya.

Rencananya, para pemudik gratis itu akan mulai diberangkatkan pada 3 Juni mendatang. Para pemudik itu akan dilepas langsung oleh Bupati Sidoarjo dan mulai diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten Sidoarjo. “Sekitar pukul 07.00 sudah mulai dilepas,” katanya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia