Kamis, 20 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

DLHK Ajak Desa dan Kecamatan Kurangi Sampah

14 Mei 2019, 16: 40: 53 WIB | editor : Wijayanto

DLHK Ajak Desa dan Kecamatan Kurangi Sampah

SIDOARJO - Pengurangan volume sampah yang masuk ke TPA tidak hanya dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Desa dan Kecamatan diminta untuk berpartisipasi. Sebab, urusan penuntasan sampah harus dikerjakan bersama.

Kepala Bidang Kebersihan DLHK Feri Prasetio mengatakan, pihaknya sudah mendelegasikan sebagian kewenangan ke Kecamatan. Totalnya sebanyak sebelas kewenangan. "Salah satunya penanganan sampah," ucapnya.

Menurut Feri, desa dan kecamatan bertugas menangani sampah di desa-desa. Mulai mengumpulkan, memilah, hingga memproses. "Selanjutnya DLHK yang mengangkut sampah ke TPA," jelasnya.

Dengan adanya upaya pengurangan sampah yang masuk ke TPA, peran Kecamatan dan desa sangat penting. Desa berperan untuk mengawasi pemilahan sampah yang masuk ke TPST disaring.

Sedangkan Kecamatan bertindak selaku koordinator. Tugasnya memberikan penyuluhan persampahan. Misalnya monitoring bank sampah serta pemilahan sampah.

Dia menjelaskan, sinergi antara desa dan kecamatan sangat membantu. Penanganan sampah menjadi lebih cepat. Sehingga tidak ada sampah yang menumpuk di wilayah. Feri menambahkan, DLHK mentargetkan tahun depan sampah yang masuk sanitary landfill jumlahnya terbatas. Jenisnya hanya sampah residu. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia