Kamis, 27 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Hikmah Ramadan 1440 H

Ramadan Maksimalkan Ibadah

OLEH: KH Abdussomad Bukhori-Ketua MUI Jatim

14 Mei 2019, 15: 26: 13 WIB | editor : Wijayanto

Ketua Umum MUI Jatim KH Abdus Shomad Bukhori

Ketua Umum MUI Jatim KH Abdus Shomad Bukhori (ISTIMEWA)

Share this      

RAMADAN adalah bulan istimewa. Jangan sampai lengah. Mari kita maksimalkan untuk beribadah. Puasa membakar dosa. Baca Alquran sebanyak mungkin dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Tak hanya itu. Di tengah memanasnya suhu politik pasca Pemilu 2019, saya mengajak masyarakat kembali bersatu. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Mari semua umat Islam agar dapat menyatukan hati, pikiran, dan langkah, untuk menegakkan ukhuwah Islamiyah dan persaudaraan kebangsaan atau ukhuwah wathaniyah.

Saya juga mengajak umat Islam untuk senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia aman dan sentosa, rukun, serta damai agar terhindar dari malapetaka perpecahan.

Arrujuu' Ila al Haq. Mari kita semua rujuk dalam kebaikan. Di bulan puasa ini, mari kita bumikan tauhid. Menjadi umatan wasatan (penengah) yang adil dan jujur.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Perbanyaklah ibadah. Sebab, tidak ada yang bisa menjamin bahwa sebagai manusia akan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan tahun depan.

Dengan melatih diri beribadah di bulan suci Ramadan, diharapkan kualitas ibadah kita dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di bulan-bulan berikutnya. Atribut-atribut dan semangat beribadah harus terus dikobarkan agar dapat mengilhami 11 bulan yang akan datang. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia