Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

BPJS-TK Kini Juga Lindungi Pekerja Konstruksi

13 Mei 2019, 17: 46: 30 WIB | editor : Wijayanto

TERCOVER BPJS: Ahmad Zuhron (insert), pekerja konstruksi yang mengalami kecelakaan kerja dicover BPJS-TK.

TERCOVER BPJS: Ahmad Zuhron (insert), pekerja konstruksi yang mengalami kecelakaan kerja dicover BPJS-TK. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

GRESIK - Badan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) kini melindungi para pekerja konstruksi. Pekerja yang mengalami kecelakaan, pengobatannya dicover oleh BPJSTK.

Kecelakaan pekerja konstruksi dialami Ahmad Zuhron. Buruh PT Gerbang Sarana Baja ini mengalami kecelakaan kerja saat mengerjakan proyek pabrik PT Sari Roti. Pasca kecelakaan, BPJS Ketenagakerjaan mengganti seluruh biaya perawatan.

Case Manager BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik, Ravika Imania, menuturkan, kejadian yang menimpa Ahmad Zuhron menjadi contoh risiko pekerjaan. Dia mengimbau manajemen perusahaan kontruksi di Gresik untuk mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

“Tidak hanya kecelakaan saat bekerja saja, namun juga penyakit yang timbul akibat pekerjaan seperti terkena paparan radiasi di lokasi kerja. Serta  kecelakaan saat menuju atau pulang dari tempat kerja,” kata Ravika.

Dikatakan, khusus untuk hal yang dialami Ahmad Zuhron BPJS Ketenagakerjaan Gresik menanggung seluruh biaya perawatan hingga dia pulih. Dengan ketentuan pengobatan dilakukan di rumah sakit atau klinik yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Gresik sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

“Saat ini kami sudah bekerja sama dengan lebih dari 7.900 PLKK di seluruh Indonesia yang siap melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja,” tandasnya.

Sementara itu Penanggung jawab proyek, Arya Ginting mengapresiasi, kecepatan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Gresik. Menurutnya dengan memberikan layanan yang cepat dan mudah membuat karyawan lain dapat bekerja dengan tenang sebab mengetahui dirinya telah sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Gresik. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia