Kamis, 12 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik
Patroli Sahur Satlantas Polres Gresik

Mainkan Musik Angklung, Bagikan Nasi Sahur

13 Mei 2019, 07: 05: 15 WIB | editor : Wijayanto

BERBAGI: Kasatlantas Polres Gresik  AKP Wikha Ardilestanto bersama  Ipda Darwoyo membagikan nasi kotak kepada warga untuk sahur bersama.

BERBAGI: Patroli sahur Polres Gresik yang dipimpin Kasatlantas AKP Wikha Ardilestanto. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

Kegiatan sahur di jalan mulai ramai memasuki hari ketujuh bulan Ramadan. Salahsatunya dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Gresik. Mereka menggelar sahur dan patroli keliling dengan musik angklung.

YUDHI DWI ANGGORO- Wartawan Radar Gresik

KEGIATAN patrolo dan sahur tersebut digelar sejak Minggu pagi. Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto bersama jajarannya berkeliling kota dengan menggunakan mobil patroli. Di belakang mobil patroli dobel kabin tersebut, disiapkan sekelompok pemusik angklung.

Rombongan polisi dan musik angklung itu kemudian menyusuri sejumlah jalan protokol. Di antaranya Jalan Pahlawan, Jalan dr Soetomo, jalan Panglima Sudirman, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo dan Jalan RA Kartini.

Di sepanjang rute yang dilalui, mereka membunyikan klakson dan sirine kemudian diikuti lantunan musik angklung yang dimainkan rancak oleh pemusiknya. Lagu-lagu yang dimainkan semuanya bernada religi serta ajakan untuk bangun dan sahur.

Dengan memodifikasi mobil patroli laka bertuliskan Patroli Sahur, polisi lalu lintas menghampiri tukang becak. Mereka berhenti dan turun lalu membagikan nasi kotak untuk makan sahur. "Saya senang dapat menu nasi kota dan air mineral dari pak polisi," ujar Sunar, 50, tukang becak asal Tuban yang mangkal di depan kompleks Perumahan PT Petrokimia Gresik (PG).

Setelah membagi-bagikan nasi kotak. Patroli sahur berlanjut ke Pasar Baru Kota Gresik. Di tempat tersebut, masyarakat sangat antusias menyerbu nasi kotak sebelum dibagikan. Bahkan, dalam hitungan kurang dari 1 menit. Puluhan nasi kotak sudah habis tidak tersisa.

"Kegiatan seperti ini sangat positif menjelang makan sahur. Sebab, banyak para pedagang maupun penjualan sayuran tidak mengira ada rombongan patroli polisi bagi-bagi makanan buat sahur," tutur Muhammad Bahrul, 43, pedagang sayurPasar Baru Kota Gresik.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto menuturkan, kegiatan patroli sahur ini selain dalam rangka patroli rutin dan operasi cipta kondisi keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). 

Kegiatan itu sengaja dikemas menggunakan musik patrol membangunkan masyarakat untuk makan sahur. "Tahap awal sasarannya kali ini di daerah perkotaan, dan pasar Kota Gresik," ungkapnya. 

Wikha menjelaskan, kedepan kegiatan seperti ini akan terus digalakkan. Tapi, sasarannya diubah bisa di daerah perumahan atau area publik selama Bulan Ramadan," pungkasnya. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia