Kamis, 27 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Tambah Taman, Dilengkapi Pujasera dan Tempat Olah Raga

12 Mei 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

NYAMAN: Pengunjung menikmati fasilitas yang tersedia di Taman Suroboyo, Bulak, Surabaya.

NYAMAN: Pengunjung menikmati fasilitas yang tersedia di Taman Suroboyo, Bulak, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

YOS SUDARSO – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus melakukan penambahan taman. Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebutkan penambahan taman ini agar masyarakat lebih sehat. 

Pasalnya DKRTH membuat taman bukan sekadar untuk hiasan dan mempercantik kota saja. Tetapi juga untuk fasilitas masyarakat kota Surabaya, selain itu juga sebagai filter pembaruan kualitas udara.

“Taman sudah banyak, ini yang lagi kita bangun ada lima taman besar. Salah satunya di Gunung Anyar, tamane tambah akeh lah biar warga Surabaya ini sehat,” kata Eri saat ditemui di Gedung DPRD Kota Surabaya.

Eri menjelaskan lima taman baru berukuran besar tersebut diantaranya ada di kawasan, Balasklumprik, Gunung Anyar, Keputih, Wiyung, Wonokromo. Dirinya menjelaskan, saat ini DKRTH sedang melakukan penataan taman di sepanjang bantaran Kali Jagir. Penataan tersebut salah satunya pembuatan jalan dan jogging track.

“Taman yang di depannya Hotel Novotel itu juga sedang kami tata. Insyaallah sebelum 31 Mei sudah selesai semuanya,” jelasnya.

Saat ini joging track di kota Pahlawan sudah banyak tersebar di beberapa taman besar lainnya. Diantaranya taman cahaya, Taman Keputih, Taman Keputran dan masih banyak lainnya. 

Diketahui saat ini Surabaya memiliki 453 taman aktif tersebar di berbagai wilayah. Di Surabaya Pusat ada sekitar 17 taman aktif, sedangkan di Surabaya Utara ada 20 taman aktif. Selain itu di wilayah Selatan ada 25 taman aktif, di Timur ada 48 dan wilayah Barat ada sekitar 32 taman aktif.

Untuk keseluruhan taman aktif yang memiliki fasilitas untuk berinteraksi seperti kursi, jogging track, dan play ground hingga tahun ini tercatat 47,04 hektare. Selain itu, taman pasif atau taman atau taman yang bersifat untuk mempercantik pemandangan, di Surabaya pusat ada sekitar 67 taman, utara 53 taman, selatan 55 taman, timur 94 taman, dan barat ada 42 taman pasif. Hingga tahun ini ada 93,64 hektare taman. 

“Tahun ini kan nambah lima lagi, jadi nanti bisa lebih luas lagi tamannya. Semuanya yang taman besar dilengkapi fasilitas olah raga, ada juga puja sera untuk berwisata kuliner,” pungkasnya. (gin/rud)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia