Minggu, 16 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Tahajud di Masjid, Pemuda Ini Nekat Bawa Pulang Kotak Amal

11 Mei 2019, 13: 59: 11 WIB | editor : Wijayanto

DIAMANKAN: Tersangka Ramadhan Dwi Siswanto (tengah) diamankan di Polsek Wringinanom.

DIAMANKAN: Tersangka Ramadhan Dwi Siswanto (tengah) diamankan di Polsek Wringinanom. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Masuk bulan Ramadan, perilaku Ramdhan, 19, justru jauh dari kata akhlak baik. Pemuda bernama lengkap Ramdhan Dwi Siswanto warga asal Desa Sumengko RT 01 RW 01 Kecamatan Wringinanom, ini mencuri kotak amal. Kini Ramdhan menjalani puasa dibalik jeruji sel Mapolsek Wringianom.

Kanit Reskrim Polsek Wringinanom, Aipda Dwi Rahmanto menjelaskan, pihaknya menangkap tersangka karena mencuri kotak amal Masjid Al Muslimin, Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom. Tersangka dibekuk ketika sedang menghitung uang hasil mencuri kotak amal.

Pemuda pengangguran ini menyelinap masuk ke dalam halaman masjid Al Muslimin pukul 02.00. Awalnya tersangka berpura-pura salat. Namun saat situasi memungkinkan, kotak amal di halaman masjid digarap.

Tersangka mengangkut kotak amal yang berada di halaman masjid dengan sepeda motor, Honda Supra W 2903 MD milinya. Selanjutnya, kotak amal dibawa kabur ke Selatan. Hanya saja, saat membawa kabur kotak amal, dua warga memergokinya.

Warga kemudian membuntuti tersangka, sebagian lainnya menghubungi Polsek Wringinanom. "Tersangka kami buntuti hingga berada di sawah saat menghitung uang jamaah dari dalam kotak amal ke kantong plastik hitam," kata Aipda Dwi Rahmanto.

Ketika ditangkap, tersangka hanya pasrah tidak melawan. Dalam pemeriksaan, tersangka mengaku dulunya dirinya bekerja sebagai sopir truk dumtruk, namun sejak tiga bulan terakhir dia menganggur. Uang curian dari kotak amal rencananya akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari–hari. "Tersangka kita jerat dengan pasal 363 ayat (2) KUHP," ujar kanit reskrim. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia