Jumat, 20 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Terlibat Penipuan, Mahmud Caleg Jadi Nasdem Ditahan Kejaksaan

11 Mei 2019, 06: 27: 07 WIB | editor : Wijayanto

Mahmud

Mahmud (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK – Calon Anggota Legislatif (Caleg) jadi DPRD Gresik dari Partai Nasdem, Mahmud, akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik.

Penahanan  terhadap caleg peraih suara tertinggi di internal Nasdem untuk daerah pemilihan (Dapil) VIII ini dilakukan setelah Kejaksaan menerima pelimpahan tahap dua perkara dari penyidik Ditreskrimum Polda Jatim bersama Kejati pada Selasa (7/5).

Penyidik kejaksaan mengirim tersangka ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjarsari, Cerme, sekitar pukul 15.30 WIB.

"Iya benar, mas. Selasa (7/5) sore kemarin tersangka kami titipkan di Lapas Banjarsari, Cerme," kata Kasi Intel Kejari Gresik, Bayu Probo Sutopo.

Alasan tim jaksa menahan tersangka karena beberapa pertimbangan. Selain ancaman hukuman yang sudah membolehkan, juga dikhawatirkan tersangka akan merusak atau menghilangkan barang bukti (bb), bahkan melarikan diri.

“Sehingga kami melakukan penahanan agar proses persidangan bisa berjalan cepat dan lancar,” imbuhnya.

Menurut Bayu, dalam perkara tersebut ada lima jaksa yang ditunjuk sebagai jaksa penuntut umum (JPU). Dua orang jaksa dari Kejati dan tiga jaksa dari Kejari Gresik. "Pasalnya 378 KUHP atau pasal 372 KUHP," imbuhnya.

Sebagai catatan, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim telah menetapkan Mahmud sebagai tersangka sejak beberapa waktu lalu. Mantan Kades Banyuwangi, Manyar, itu diduga melakukan penipuan dan penggelapan atas penjualan tanah di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Penetapan tersangka bermula dari laporan PT Bangun Sarana Baja (BSB) ke Polda Jatim, dengan nomor laporan 444/IV/2018/UM/SPKT pada Rabu 11 April 2018. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia