Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo
Menengok Satwa di Pendopo Bupati Sidoarjo (2)

Dua Kali Tepukan, Empat Kuda Lari Masuk Kandang

10 Mei 2019, 17: 07: 01 WIB | editor : Wijayanto

JINAK: Hengki Dwikurniawan saat menemani empat kuda poni di belakang pendopo bupati.

JINAK: Hengki Dwikurniawan saat menemani empat kuda poni di belakang pendopo bupati. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Selain dipercaya merawat berbagai jenis satwa seperti kancil dan rusa, Hengki Dwikurniawan juga dipercaya merawat empat kuda poni kesayangan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Bahkan keempat kuda poni itu sudah seperti keluarga sendiri.

Lukman Al Farisi-Wartawan Radar Sidoarjo

SORE itu, Hengki Dwikurniawan terlihat sibuk mempersiapkan dua karung rumput. Keduanya berisi rumput yang dibawa Hengki menuju utara pendopo Delta Nugraha. Siapa sangka, di belakang pendopo itu nampak empat kuda poni tengah siap menunggu. “Kalau jam segini, memang waktunya keempat kuda itu makan,” katanya kepada Radar Sidoarjo.

Hengki mengaku, keempat kuda itu sudah sangat dekat dengannya. Hengki mengatakan, keempat kuda itu akan lari jika bertemu orang lain. Namun akan akan jinak dan luluh saat Hengki datang menghampirinya.

Baginya, tidak butuh banyak waktu untuk akrab dengan empat kuda poni itu. Hengki mengatakan, hanya butuh beberapa bulan saja untuk mengenal karakter keempat satwa berbobot 200 hingga 400 kilogram itu. “Kuda ini sebenarnya cepat sekali beradaptasi, hanya butuh kesabaran sedikit,” terangnya.

Saking akrabnya, Hengki hanya butuh menepuk tangannya dua kali, agar keempat kuda itu kembali ke kendangnya. Hal itu selalu dia lakukan sesaat setelah keempat kuda itu dilepas dari kandangnya.

Dari empat kuda poni yang ada, tiga di antaranya merupakan betina dan satunya jantan. Saat ini, salah satu dari tiga kuda poni betina itu dalam keadaan hamil. “Senang rasanya, salah satunya hamil,” ungkap Hengki.

Untuk itu, Hengki mengaku sangat berhati-hati dalam merawat keempat kuda itu. Hal itu agar kuda batina yang hamil dapat melahirkannya dengan selamat. “Semoga nanti dapat menambah koleksi satu lagi,” katanya. (*/nis/habis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia