Selasa, 18 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Penjualan Tiket KA Mudik Lebaran Baru 58 Persen

10 Mei 2019, 08: 51: 34 WIB | editor : Wijayanto

ARUS BALIK LEBIH RAMAI: Calon penumpang melakukan reservasi dan check in booking tiket di mesin tiket KAI di Stasiun Gubeng Baru.

ARUS BALIK LEBIH RAMAI: Calon penumpang melakukan reservasi dan check in booking tiket di mesin tiket KAI di Stasiun Gubeng Baru. (SURYANTO/IG/DISHUB)

Share this      

SURABAYA - Penjualan tiket kereta api (KA) untuk mudik Lebaran di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya hingga saat ini masih mencapai 58 persen dari total 530.266 tiket yang tersedia.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, pemesanan tiket kereta jarak jauh dan menengah regular per 7 Mei 2019 baru sekitar 308.972 tiket. Padahal KAI menyediakan kursi 530.266 tiket untuk H-10 sampai H+10 Lebaran (26 Mei – 16 Juni). Menurutnya, masih belum tingginya angka penjualan tiket lebaran KA jarak jauh/menengah ini disebabkan karena wilayah Daop 8 Surabaya merupakan daerah tujuan dari pemudik pada arus mudik.

"Karakteristik para penumpang pada angkutan Lebaran sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, yakni ketika sebelum Lebaran didominasi oleh arus penumpang KA dari arah barat ke timur yaitu dari Jawa Barat atau DKI Jakarta menuju Jateng atau Jatim," terangnya.

Sedangkan pada masa setelah Lebaran, lanjut Suprapto, penumpang KA didominasi oleh penumpang dari arah timur ke barat (dari Jatim menuju Jateng/Jabar) atau disebut arus balik.

“Artinya pemesanan tiket dari Daop 8 lebih banyak untuk perjalanan setelah Lebaran atau arus balik. Ini bisa terlihat dari lonjakan pemesanan tiket untuk keberangkatan KA pada H Lebaran ke-1 (5 Juni 2019) sampai H+10 (16 Juni 2019) yang sudah diatas 50 persen,” katanya.

Suprapto menuturkan, pemesanan tiket pada arus balik terbanyak ada di H+2 dan H+3 dengan capaian penjualan tiket sampai 81 persen dan 85 persen dengan okupansi mencapai 20.695 tiket untuk H+3 dengan total tiket yang tersedia setiap harinya berjumlah 24.414 tiket.

Adapun KAI Daop 8 telah menyiapkan 83 KA jarak jauh/menengah reguler dan 8 KA tambahan yang beroperasi selama masa angkutan Lebaran dengan total 530.266 tiket. Sejumlah kereta tambahan di antaranya seperti KA Gajayana relasi Malang-Gambir, KA Sembrani relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong (Bandung), KA Matarmaja relasi Malang-Pasar Senen (Jakarta).

Selain itu juga ada KA tambahan lainnya, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen (Jakarta), KA Jayakarta Extra SGU-ML relasi Surabaya Gubeng-Malang, KA Jayakarta Extra ML-SGU relasi Malang-Surabaya Gubeng. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia