Senin, 17 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Caleg PDIP Dominasi Kursi DPR dan DPRD Jatim dari Dapil Jatim 1

09 Mei 2019, 16: 17: 59 WIB | editor : Wijayanto

SUDAH DIHITUNG: Perolehan suara untuk DPR RI dari Surabaya dan Sidoarjo dikumpulkan dalam rekapitulasi di Jatim.

SUDAH DIHITUNG: Perolehan suara untuk DPR RI dari Surabaya dan Sidoarjo dikumpulkan dalam rekapitulasi di Jatim. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Rekapitulasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya berakhir, Rabu (8/5). Sejumlah caleg DPR RI dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) dan DPRD Jatim dapil 1 sudah bisa dipastikan terpilih.

Untuk kursi DPR RI dapil 1 setelah digabungkan dengan suara di Sidoarjo, PDI Perjuangan (PDIP) mendominasi dengan perolehan tiga kursi. Yakni, Puti Guntur Soekarno dengan disusul Bambang DH serta Indah Kurnia.

Sementara itu, PKB menempatkan Syaikul Islam dan Arzeti Bilbina. Untuk Golkar diraih Adies Kadir. Sedangakan di Partai Gerindra, caleg petahana Bambang Haryo dikalahkan oleh caleg baru Rahmat Muhajirin.

Untuk PAN tetap diduduki caleg petahana Sungkono. Kursi PKS diraih kader Sigit Sosiantomo yang berhasil mengungguli caleg PKS lainnya di dapil tersebut. Sedangkan kursi ke-10 diraih oleh Lucy Kurniasari dari Partai Demokrat.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari mengaku bersyukur karena berhasil unggul dalam perolehan suara. Menurutnya hal ini tidak lepas dari hasil kerja keras kader dan relawan yang mau berjuang untuk menang. “Selain itu ini juga ada pengaruhnya dari dukungan masyarakat terhadap Jokowi-Ma’ruf,” katanya.

Sementara itu, delapan kursi DPRD Jatim dari dapil Jatim 1 (Surabaya) juga didominasi PDIP. Partai banteng moncong putih itu meraih tiga kursi. Suara tertinggi diraih Armuji dengan 136.308 suara dan Agatha Retnosari 67.339 suara. Untuk kursi ketiga diraih Agustin Poliana dari PDIP.  

Caleg dari PKS, Arif Hari Setiawan lolos dengan memeroleh 34.797 suara. Golkar ada Blegur Prijanggono dengan 29.591 suara, Syamsul Arifin dari PKB sebanyak 28.727 suara dan Hartoyo dari Partai Demokrat dengan meraih 27.068 suara.

Meski meraih suara terbanyak, Armuji mengaku tak memikirkan mendapatkan posisi sebagai ketua DPRD Jatim. Keputusan partai dalam hal ini Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan jadi keputusan dalam menentukan posisi ketua DPRD Jatim.

“Kalau saya terserah ditugaskan dimana saja. Yang penting ketika bekerja itu harus maksimal, jangan setengah-setengah,” ujarnya. (mus/vga)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia