Selasa, 25 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Hikmah Ramadan 1440 H

Puasa Momentum Mempererat Kebersamaan

OLEH: KBP Sandi Nugroho-Kapolrestabes Surabaya

09 Mei 2019, 14: 54: 50 WIB | editor : Wijayanto

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

RAMADAN merupakan bulan istimewa. Setiap satu kebaikan yang dilakukan akan dibalas berlipat. Tak heran, di bulan ini umat muslim berlomba dalam kebaikan itu (fastabiqul khoirot) dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa merupakan salah satu kebaikan wajib yang harus dikerjakan.

Puasa sejatinya tak hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar saja. Di luar itu, puasa diharapkan mampu meningkatkan kualitas diri, secara individu maupun sosial. 

Artinya, selain ketaatan terhadap Allah, puasa juga diharapkan mampu meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Puasa itu menahan.Tak hanya menahan dari hal yang membatalkan atau yang merusak kebaikan dalam puasa itu. 

Puasa harusnya menahan kita agar tak mudah menyakiti, menipu atau dengki terhadap sesama. Puasa merupakan salah satu ikhtiar manusia untuk dekat dengan Rabnya.

Intensitas kedekatan itu akan melahirkan kesadaran baru dalam diri kita sebagai manusia. Kesadaran yang sudah tertata baik nantinya akan mampu dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga kehidupan sosial, saling menghormati, rasa ingin terus berbagi akan terus muncul. Dari sanalah moment kebersamaan akan tercipta.

Beda pilihan dalam pemilu menjadikan sedikit banyak menimbulkan sedikit gesekan dan ketegangan, khususnya sesama muslim sendiri. Momentum puasa sekali lagi menjadikan agar gesekan-gesekan itu bisa diredam, akhirnya semua kembali berjabat tangan.

Tentunya tak hanya umat muslim saja, tetapi sebagai manusia yang hidup berbangsa dan bernegara. Tidak berpikir egoistic dan menghormati hak orang lain.

Nuansa kebersamaan dan kekompakan umat muslim saat di bulan puasa memang kental. Bisa dilihat saat sahur, berbuka dan tardarus Alquran yang tak pernah sepi dari musala dan masjid-masjid.

Tinggal hal itu diterapkan dalam keseharian saja. Jika bersama maka semua akan damai. Kebersamaan merupakan salah satu modal untuk menjaga Kota Surabaya. Kebersamaan antara masyarakat, pemerintah dan aparat penegak hukum diharapkan mampu menjaga kota Surabaya agar tetap aman dan nyaman untuk warganya.

Semoga rasa kebersamaan di bulan Ramadan tahun ini bisa diaplikasikan setiap hari. Mudah-mudahan kita semua tetap dalam lindunganNya dan masih diberikan kesempatan untuk menjalankan puasa tahun depan. (yua/rud)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia