Kamis, 12 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Gresik
Program One Day One Juz Polres Gresik

Kapolres Gresik AKBP Wahyu SB Ajak Anggotanya Khataman Alquran

08 Mei 2019, 17: 38: 05 WIB | editor : Wijayanto

MENGAJI : Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro saat memimpin tadarus bersama anggotanya di masjid Asy Syafaah.

MENGAJI : Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro saat memimpin tadarus bersama anggotanya di masjid Asy Syafaah. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

Nuansa ramadan tidak hanya terlihat di lingkungan pondo pesantren di Kota Gresik. Di Masjid Asy Syafaa, Komplek Polres Gresik usai salat duhur ramai terdengar orang mengaji. Dan yang mengaji adalah para polisi yang berdinas di Polres Gresik.

YUDHI DWI ANGGORO-Wartawan Radar Gresik

SAYUP-SAYUP surah Alquran terdengar merdu dari dalam masjid yang berlokasi di Jalan Aiptu KS Tubun. Memasuki masjid yang sejuk, terlihat beberapa polisi berseragam dinas mengenakan songkok membaca Alquran bergantian. Saat lantunan surah Al Baqarah dibacakan, terdengar suara AKBP Wahyu S Bintoro saat mengaji.

Dengan Alquran di meja, sejumlah polisi ikut mengaji bersama membentuk mimbar di dalam masjid. Kegiatan ini merupakan aktivitas rutin yang digalakkan jajaran Polres Gresik. Selama ramadan, kapolres mengajak anggotanya menuntaskan program mengaji One Day One Juz (ODOJ).

Menurut AKBP Wahyu S Bintoro, program ODOJ ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan ketakwaan anggota Polres Gresik. "Ini sekaligus untuk meraih keberkahan di bulan suci ramadan. Kami memberikan tantangan kepada anggota untuk melaksanakan One Day One Juz di ruang kerja kapolres. Jika  berhasil, kami berikan hadiah kupon belanja sebagai untuk memotivasi anggota," ujar AKBP Wahyu S Bintoro.

Dijelaskan, program ODOJ ini sekaligus untuk memakmurkan masjid. Meski tiap hari polisi disibukkan melaksanakan tugas rutin, namun tidak boleh meninggalkan kewajiban sebagai seorang muslim. "Apalagi ini berada di bulan suci ramadan,” kata mantan Kapolres Bojonegoro ini.

Ditambahkan, setiap hari usai melaksanakan sholat Dzuhur anggota wajib salat berjamaah di Masjid Asy Syafaah. Usai salat dilanjuitkan tadarus. "Dengan menyelesaikan bacaan satu juz perhari, sehingga selama satu bulan bisa menuntaskan 30 juz," harap alumni Akpol 1998 tersebut.

Program ini disambut baik oleh jajarannya. Menurut Ipda Sulaiman, Kanit II Intelkam Polres Gresik, membaca Alquran di dalam masjid memberikan nilai religi yang kuat di kalangan polisi.

"Untuk itu, saya selalu  mengajak anggota untuk bergegas ke masjid saat terdengar adzan salat. Setelah salat lalu dilanjutkan dengan mengaji bersama. Ada kedamaian dalam diri kita usai mengaji, meski kami disibukkan dengan rutinitas sebagai polisi," ujar polisi yang sering dipanggil ustad ini. (*/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia