Jumat, 15 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Pertama Bertugas, Sandi Langsung Terkesan

08 Mei 2019, 17: 04: 45 WIB | editor : Wijayanto

YANG LAMA DAN BARU: Kombes Pol Rudi Setiawan (kiri) yang digantikan Kombes Pol Sandi Nugroho.

YANG LAMA DAN BARU: Kombes Pol Rudi Setiawan (kiri) yang digantikan Kombes Pol Sandi Nugroho. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Tongkat komando pimpinan Polrestabes Surabaya resmi digenggam Kombes Pol Sandi Nugroho. Lulusan terbaik Akpol tahun 1995 tersebut menggantikan posisi Kombes Pol Rudi Setiawan, yang kini ditugaskan sebagai Wakapolda Lampung.

Sandi resmi menjabat setelah dilantik oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Selasa (7/6). Perwira menengah dengan tiga melati di pundaknya ini memasuki Mapolrestabes Surabaya dengan diiringi rangkaian upacara pedang pora.

Tak hanya itu, Mantan Kapolrestabes Medan itu juga disambut dengan tarian dan kalungan bunga.  Dengan berjalan di sepanjang karpet merah, Sandi disambut oleh Kombes Pol Rudi Setiawan dan pejabat utama Polrestabes.

 Setelah prosesi itu, Sandi menemui sejumlah wartawan yang sudah menunggunya. Ia mengatakan baru pertama kali ditugaskan di Jawa Timur, khususnya Surabaya. Namun kesan pertamanya, Surabaya rapi dan dikenal dengan warganya yang ramah. “Bu Wali menjadikan Surabaya menjadi kota yang nyaman bagi warganya dan pendatang seperti saya,” ungkap Sandi, kemarin.

Mantan Kapolres Bandung tersebut juga mengatakan, Surabaya berkembang pesat dari sisi ekonominya.  Hal ini memiliki efek domino dengan dijadikannya Surabaya sebagai sasaran berbagai tindak kejahatan jalanan dan peredaran narkoba. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pemetaan wilayah sebagai langkah awal ia menjabat.

“Ini menjadi PR kita bersama. Namun saya yakin dengan kebersamaan masalah itu akan teratasi. Mari sama-sama jogo Suroboyo, seperti jargon Pak Rudi (Kombes Pol Rudi Setiawan,Red),” terangnya.

Di sisi lain, sebelum beranjak dari Mapolrestabes, Kombes Pol Rudi berpesan kepada penggantinya agar melanjutkan apa saja langkah atau program positif yang sudah ia lakukan. Terutama dalam menangani kejahatan jalanan dan peredaran narkoba.

Secara personal, Rudi merasa bangga menjadi bagian dari kota Surabaya. Ia datang dengan penuh dengan kebanggaan begitu saat melepas jabatannya. Menurutnya ada bebarapa hal yang tak akan dilupa saat menjabat di Surabaya.

“Salah satunya adalah peristiwa bom bunuh diri. Meski luka, tapi bagaimana kami menumbuhkan kepercayaan dan keberanian warga Surabaya bersama-sama dengan Bu Risma, bagaimana kami menangani pelaku, semuanya sangat berkesan buat saya. Selebihnya waktu bersama awak media,” tandasnya.

Sementara itu, setelah mengikuti prosesi serah terima jabatan di Mapolda Jatim, Kombes Pol Rudi Setiawan dan Kombes Pol Sandi Nugroho, langsung menuju ke Makorem 084/Bhaskara Jaya. Kedua Perwira Menengah Kepolisian itupun, langsung disambut oleh Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto, S. E.

Danrem pun mengajak keduanya untuk menaiki kendaraan taktis jenis Anoa, dengan diikuti oleh beberapa pejabat teras Korem serta Polrestabes Surabaya. Danrem mengatakan acara penyambutan dan pelepasan itu, memang sengaja dilakukan. “Proses itu, merupakan bagian dari sinergitas TNI-Polri di Surabaya yang selama ini sudah terwujud dengan baik,” jelasnya. (yua/rud)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia