Rabu, 23 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Bawaslu Pastikan Data di TPS Tetap Sama

07 Mei 2019, 17: 10: 34 WIB | editor : Wijayanto

Komisioner bawaslu Jatim Purnomo Satrio Pringgodigdo

Komisioner bawaslu Jatim Purnomo Satrio Pringgodigdo (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jatim memastikan prosedur rekapitulasi tingkat provinsi berjalan sesuai sesuai perundang-undangan.

Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Jatim Purnomo Satrio Pringgodigdo menegaskan, pihaknya terus mengawal pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 sejak hari pertama hingga tuntas.

"Kami pastikan semua saksi, pemantau, dan pengawas diberi akses melihat langsung proses rekapitulasi tingkat provinsi," katanya kemarin.

Tidak hanya itu. Menurut Satrio, Bawaslu juga memastikan hasil penghitungan suara di TPS usai pencoblosan 17 April lalu akan tetap terjaga sampai rekapitulasi di tingkat provinsi. "Misalnya, jumlah pemilih di satu TPS ada 10 orang. Maka, sampai di tingkat provinsi pun harus tetap 10 orang," katanya.

Seperti diungkap di media sosial, belakangan ada sejumlah pihak yang mengklaim adanya ketidaksesuaian dalam proses penghitungan suara di KPU. Purnomo mengatakan, sekaranglah saatnya untuk membuktikan jika ada ketidaksesuaian itu.

Dia mengajak para saksi dari partai maupun perserta pemilu legislatif dan pilpres untuk memantau langsung proses rekapitulasi di tingkat provinsi.

"Saksi diberi kesempatan untuk mengajukan keberatan. Pengawas juga diberi kesempatan mengajukan keberatan bila memang ada prosedur atau angka yang tidak sesuai dengan dokumen yang dimiliki masing-masing pihak," ujarnya.

Purnomo mengakui dalam proses rekapitulasi yang berlangsung sejak Minggu (5/5) lalu ada beberapa kali salah ucap atau salah ketik. Namun, langsung dibetulkan dalam proses rekapitulasi ini. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia