Rabu, 24 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU Surabaya Di-Deadline Harus Rampungkan Rekapitulasi

07 Mei 2019, 16: 39: 46 WIB | editor : Wijayanto

MOLOR LAGI: Proses rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2019 di KPU Surabaya.

MOLOR LAGI: Proses rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2019 di KPU Surabaya. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya yang belum menyelesaikan proses rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019. Meski begitu, Komisioner KPU Jawa Timur Insan Qoriawan bisa memaklumi keterlambatan KPU Surabaya.

Dia berharap KPU Surabaya bisa menuntaskan rekapitulasi pada hari ini (7/5). “Saya rasa KPU Surabaya tidak molor. Ini karena deadline kabupaten/kota itu sampai tanggal 7 Mei,” katanya.

Menurut Insan, dinamika yang berkembang yang terjadi di Kota Surabaya juga turut mempengaruhi proses rekapitulasi suara ke tingkat provinsi. Selain itu, Kota Surabaya memilik 31 kecamatan dan sangat banyak TPS. “Karena kecamatannya banyak, dinamika yang berkembang di Surabaya juga tinggi," katanya.

Insan berharap hari ini KPU Surabaya sudah bisa menuntaskan tahapan rekapitulasi dan menyetorkan hasilnya  ke KPU Jatim. "Tinggal Surabaya saja yang belum. Terakhir Kabupaten Malang sudah selesai,” paparnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Surabaya Miftakul Gufron mengatakan, hingga petang kemarin pihaknya sudah merampungkan 24 dari 31 kecamatan di Kota Surabaya. Masih ada tujuh kecamatan yang belum direkapitulasi. "Insya Allah, rekapitulasi tingkat kota ini akan selesai Selasa (7/5)," harapnya.

Menurut Miftakul, molornya rekapitulasi di Surabaya karena sejumlah petugas PPK mengalami kelelahan. Bahkan, sempat dilarikan ke klinik terdekat.

"Petugas PPK tidak mau grusa-grusu karena penghitungan lima jenis surat suara ini sangat kompleks," kata Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi. (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia