Selasa, 17 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

80 CPNS Golongan III Ikuti Diklat Dasar di BKD Sidoarjo

07 Mei 2019, 16: 17: 30 WIB | editor : Wijayanto

SIMBOLIS: Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin secara simbolis menyematkan id card kepada dua orang perwakilan peserta diklat dasar CPNS.

SIMBOLIS: Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin secara simbolis menyematkan id card kepada dua orang perwakilan peserta diklat dasar CPNS. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Sebanyak 80 CPNS golongan III mulai mengikuti pelatihan dasar di gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo, Senin (6/5). Mereka terdiri dari dua angkatan. Yakni angkatan 1 sebanyak 40 CPNS dan 40 CPNS di angkatan kedua.

Plt Kepala BKD Sidoarjo Toto Basuki mengatakan, dari 80 CPNS tersebut, 60 di antaranya dari bidang pendidikan, 12 orang bidang kesehatan dan 8 di bidang teknis. Dari 80 CPNS itu, 56 di antaranya adalah wanita, dan 24 laki-laki.

Dalam pelaksanaan diklat dasar tersebut, nantinya akan dilaksanakan selama 51 hari. Terdiri dari dua tahap. Yakni 21 hari in class serta 30 hari off class. Kedua tahap itu merupakan standar dalam diklat kepegawaian.

Pada tahap off class tersebut, para peserta nantinya akan kembali ke organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing. “Nanti mereka ke dinas masing-masing,” jelasnya.

Pelaksanaan diklat dasar bagi 80 CPNS itu merupakan hal yang istimewa. Sebab Sidoarjo merupakan satu-satunya daerah yang menyelenggarakan diklat dasar bagi PNS di wilayahnya sendiri.

Sementara kabupaten/kota di Jawa Timur lainnya, penyelenggaraan diklat semacam itu dilakukan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur. Dalam formasi PNS tahun 2018 lalu, di Jatim sudah ada sekitar 17 ribu CPNS.

Sedangkan dalam peraturan pemerintah saat ini, masa PNS dilakukan selama satu tahun. “Sejumlah itu tidak bisa dilakukan kalau di satu tempat,” katanya.

Untuk itu, akhirnya BKD Sidoarjo mengusulkan pelaksanaan diklat dasar itu dapat dilakukan di Sidoarjo dengan menggandeng widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim sebagai mitra.

Diklat dasar tersebut merupakan syarat yang harus dilakukan sebelum ke 80 CPNS itu nantinya diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN). Dalam pelaksanaannya, ke 80 CPNS tersebut akan dibekali 14 materi pokok.

Di antaranya dinamika kelompok, wawasan kebangsaan hingga pelayanan publik. “Jadi mereka harus belajar dengan serius agar lolos,” terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meminta, agar masing-masing CPNS tersebut nantinya dapat menata niatnya dengan baik. Sebab mereka nantinya akan bertugas untuk mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia.

Pria yang kerap disapa Cak Nur itu juga berpesan agar nantinya tidak terlalu menuntuk hak-hak yang ada, sebab hal itu sudah diatur oleh negara. “Karena profesional kalau tidak ikhlas maka tidak bisa kerja yang baik,” pesannya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia