Senin, 16 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Sempat Terkendala Lahan, Pembangunan DC Mulai Temui Titik Terang

07 Mei 2019, 16: 03: 12 WIB | editor : Wijayanto

PIPA: Distribution Center PDAM yang akan dibangun di Tanggulangin.

PIPA: Distribution Center PDAM yang akan dibangun di Tanggulangin. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

SIDOARJO - Setelah sempat terkendala pengadaan lahan, kini rencana pembangunan Distribution Center (DC) sudah mulai menemui titik terang. Hal itu, setelah PDAM melakukan beberapa kali pertemuan dengan warga yang sebelumnya sempat menolak rencananya pembangunan DC tersebut.

Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao mengatakan, saat ini rencananya pembangunan DC di beberapa wilayah sudah mulai ada progress. Hal itu terlihat dari beberapa kali pertemuan yang dilakukan dengan warga. “Prinsipnya, warga mau mendukung itu,” katanya.

Banyaknya warga yang kini sudah mulai mendukung pembangunan DC itu setelah PDAM melakukan pertemuan sebanyak lima kali. Selain melakukan pertemuan dengan warga, PDAM juga melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Pembangunan DC tersebut nantinya akan dilakukan di beberapa wilayah. Di antaranya di Jalan Raya Kludan Kecamatan Tanggulangin. Selain itu pembangunan DC tersebut juga dilakukan di di salah satu perumahan di Jalan Raya Ponti Kecamatan Sidoarjo.

Pembangunan DC tersebut dilakukan sebagai salah satu lalu lintas penyaluran air PDAM dari Umbulan ke rumah-rumah warga. PDAM sendiri kata Basit hingga akhir tahun menargetkan penyambungan pipa hingga 10 ribu. “Sekarang baru 1.700 sambungan,” terangnya.

Basit mengatakan, target terbanyak nantinya akan dilakukan di semester kedua. Penyambungan itu setelah air dari Umbulan Pasuruan dapat mengalir ke Sidoarjo. Namun begitu, pihaknya hingga kini terus melakukan penyambungan pipa-pipa PDAM. “Jangan sampai nyambung nanti malah enggak ada airnya kan,” ujarnya.

Sementara untuk permintaan masyarakat sendiri kata Basit lumayan banyak. Namun begitu beberapa masyarakat juga masih ada yang tidak bersedia melakukan penyambungan pipa PDAM. “Mungkin masalah keuangannya yang masih belum ada,” ungkapnya.

Sementara itu, pembangunan DC yang sudah dimulai sejak lama seperti di Candi dan Buduran diperkirakan akan selesai pada bulan ini dan akan beroperasi pada bulan Juli. Sementara untuk DC yang baru dilakukan pembangunan kemungkinan besar baru dapat beroperasi pada bulan Desember. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia